Pemkab Aceh Tengah Jajaki Kerjasama dengan PT Hallo Indonesia Teknologi

Takengon - Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah tengah menjajaki kerjasama dengan PT Hallo Indonesia Teknologi terkait sinergi pengembangan dan penyampaian informasi dan pelayanan publik dalam rangka mengoptimalkan potensi ekonomi daerah.

Hal itu terungkap dalam pertemuan Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar dengan perwakilan dari PT Hallo Indonesia Teknologi, di ruang kerja bupati, Kamis (3/6).

Dalam pertemuan yang juga dihadiri Ketua DPRK Aceh Tengah Erwin Mega tersebut, dibahas beberapa isu strategis antara lain sinergi program yang telah berjalan pada pengembangan produktivitas masyarakat dan industri berbasis teknologi milik kampung serta potensi pengembangan teknologi ke depannya.

Dalam pertemuan itu, Bupati Shabela menyampaikan bahwa pihak Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menyambut baik adanya program-program kerjasama yang ditawarkan oleh PT Hallo Indonesia Teknologi.

Shabela berharap pertemuan ini menjadi awal yang baik dan akan ditindak lanjuti agar menghasilkan rekomendasi kebijakan untuk pemerintah daerah maupun pemerintahan kampung.

“Untuk mempercepat akselerasi pembangunan di daerah, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah terbuka untuk menjalin kemitraan dengan pihak manapun, tentunya dalam rangka membawa kemajuan bagi daerah Aceh Tengah, untuk itu kami menyambut baik tawaran dari PT Hallo untuk menjalin sinergi dengan pemerintah daerah, khususnya dalam kerjasama di bidang teknologi informasi dalam upaya mengoptimalkan potensi ekonomi daerah” ungkap Shabela.

Sementara itu, perwakilan PT Hallo Indonesia Teknologi Murtala, sekaligus selalu Manager Area Aceh Tengah, mengemukakan bahwa Aceh Tengah memiliki potensi luar biasa untuk dikembangkan demi kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat.

"Kami mempunyai beberapa program yang dapat diterapkan dan disinergikan lebih lanjut dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah khususnya pada kampung-kampung yang ke depan nya akan menjadi basic mitra kami ini, seperti yang sudah kita rintis di Kampung Merah Kersa, Hakim Bale Bujang, Paya Tumpi Baru, dan Belang Kolak I," jelas Murtala.

Kepada Bupati dan Ketua DPRK, Murtala juga menjelaskan bahwa PT Hallo Indonesia Teknologi, merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyedia teknologi informasi baik terkait perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software), dalam upaya meningkatkan mutu layanan bagi masyarakat, serta kemudahan penyajian informasi, dan untuk mewujudkan good government.

"Sesuai dengan spesifikasi perusahaan, kami menawarkan kerjasama untuk beberapa layanan aplikasi diantaranya Aplikasi Desa Cerdas, Pajak Online (V-Tax), Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS), Public Service Center (PSC), dan Display Informasi (Layanan Command Center) untuk diaplikasikan di lingkungan Pmerintah Kabupaten Aceh Tengah," lanjutnya.

Menanggapi penjelasan dari PT Hallo, Bupati berharap hasil pertemuan ini dapat segera ditindaklanjuti.

“Kami berharap ini menjadai awal yang baik untuk menjalin kerjasama selanjutnya, semoga sinergitas yang akan kita bangun ini akan membawa manfaat bagi kesejahteraan masyarakat dan kelangsungan pembangunan di Aceh Tengah, kami juga berharap selain adanya program yang ditawarkan, juga ada program alih teknologi, dimana SDM yang ada di lingkungan pemerintah daerah, diberikan pelatihan peningkatan skill dan kapasitas, sehingga mampu mengoperasikan aplikasi tersebut,” pungkas Shabela.