Bupati Mabar Tingkatkan Kesejahteraan Pasukan Kebersihan

Labuan Bajo - Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi menegaskan dan menyetujui untuk meningkatan pendapatan petugas kebersihan dengan pemberian uang konsumsi perhari

"Saya menyetujui peningkatan pendapatan petugas kebersihan dengan pemberian uang konsumsi perhari sebesar Rp43.000 lebih, maka kepada semua petugas kebersihan perorang/ bulan akan menerima +/- Rp 1.300.000 di luar gaji petugas kebersihan," tegas Bupati Mabar saat memimpin apel peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di halaman kantor Bupati Manggarai Barat, Sabtu (5/6)

Sehingga lanjut Bupati yang biasa disapa Edi Endi tersebut seorang petugas kebersihan mendapat pendapatan sebesar Rp. 2.800.000 (Gaji Rp.1.500.000 + Uang Makan Rp. 1.300.00).

Edi Endi berharap dengan penambahan penghasilan dari petugas kebersihan ini akan meningkatkan kinerja serta menjadikan kota Labuan Bajo semakin bersih dari sampah.

"Saya berharap penambahan penghasilan tersebut menjadikan kota kita bersih dari Samah sesuai dengan julukan sebagai daerah destinasi super premium di Indonesia," ucapnya.

Untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan berdasarkan instruksi dan audit Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi terhadap Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan maka Bupati Mibar melakukan Gelar Pasukan Kebersihan Dinas LHK pada subuh pagi hari sekitar pukul 04.30 WITA.

Apel tersebut sekaligus untuk melakukan pengecekan terhadap rincian personel Pasukan Kebersihan (pasukan kuning) pada Dinas tersebut

Bupati Edi Endi memerintahkan kepada seluruh aparatur Dinas LHK baik itu Pegawai dan Petugas kebersihan untuk tetap konsisten dalam melakukan tugas pokok serta harus menganggap diri sebagai bagian dari kedaruratan daerah sekaligus menjadi garda terdepan wajah Kota Labuan Bajo dalam hal kebersihan kota yang dijuluki pariwisata premium ini.

Bupati ujung barat pulau Flores tersebut juga menginginkan adanya sidak reguler secara terus menerus untuk pengawasan sampah pada selokan dan jembatan dengan libatkanlah perangkat aparatur kecamatan dan desa dalam pelaksanaannya.

Apel peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tersebut di hadiri petugas kebersihan dari Kecamatan Lembor sebanyak 5 (lima) orang berdasarkan SK dari Dinas LHK yang sudah berjalan 7 (tujuh) tahun.

Dalam kegiatan ini juga untuk menampilkan sarana dan prasaran daya dukung persampahan Dinas LHK berupa 7 truck sampah dan 21 buah motor Roda 3 pengadaan baru Dinas LHK dari dana DAK 2021.

Kendaraan baru tersebut di distribusikan bukan hanya untuk kota Labuan Bajo namun 2 unit juga diperuntukan untuk kebersihan Kecamatan Lembor.

Usai apel semua petugas kebersihan langsung kembali melaksanakan tugas pembersihan pada tempat-tempat sesuai tugasnya

Apel Gelar Pasukan Kebersihan dihadiri oleh Plt Kadis LHK, Bonavantura Ardin, Kabid Pengolahan Sampah dan Limbah B3 SIPRI PARU, beserta staf pengolahan sampah dan seluruh Petugas Kebersihan Kecamatan Lembor dan Kabupaten.