Alfaruq Al Jundi dan Defina Aura Terpilih Jadi Duta GenRe Tanah Datar 2020

Tanah Datar - Setelah melalui seleksi ketat dan masa karantina, akhirnya terpilih Alfaruq Al Jundi dan Defina Aura sebagai Duta GenRe 2020, sekaligus akan mewakili Tanah Datar ke tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Pengumuman pemenanga tersebut dilakukan pada Malam Grand Final Pemilihan Duta GenRe (Generasi Berencana) Kabupaten Tanah Datar 2020 yang digelar di Gedung Nasional Suri Maharajo Dirajo Batusangkar, Rabu malam (11/3).

Ajang yang berlangsung meriah dan semarak, dikuti oleh 40 pasang peserta dari Pusat Informasi dan Konseling Remaja/Mahasiswa (PIKRM) se-Kabupaten Tanah Datar.

Selain itu, terpilih sebagai Runner-up Yoga Fernanda Putra dan Hafizatul khaira, Runner-up 1 Azmi Muzamil dan Mutiara Matrathur Rahmi, Duta Top 5 Qadri Alwahid dan Melhania Ramadhani Putri, Duta Top 5 Ilham Akbar dan Noor Hanani, Duta Berbakat M. Ikbal dan Natasya Dinda Boyula, Duta Favorit Fikri Wahyudi dan Mihtahur Rahma, Duta Fotogenic Haviz dan Puti Bungsu, Duta Kepemimpinan Fiki Wahyudi dan Fira Saswita, Duta Hafidzh Mihtahul Aditiya dan Ghevira Nahdatul Jannah

Ketua Panitia Pelaksana sekaligus KepalaDinas PMDPPKB Nofenril, dalam laporannya menyampaikan pemilihan Duta GenRe bertujuan meningkatkan pengetahuan sikap dan perilaku yang positif, berkarakter dan berintegritas di kalangan kampus/sekolah maupun masyarakat sekaligus mempromosikan program GenRe.

Lebih lanjut, Nofenril menyebutkan sebelum pelaksanaan grand final telah melalui beberapa rangkaian kegiatan yaitu audisi, technical meeting dan karantina.

Sementara itu, Bunda GenRe Sumatera Barat Emi Irdinansyah menyambut baik kegiatan pemilihan duta GenRe.

"Kegiatan ini bernilai positif untuk terbentuknya generasi masa depan sehat dan berkualitas," sebut Emi Irdinansyah.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKN Sumbar yang diwakili Sekretaris Yusnani mengapresiasi kegiatan GenRe Tanah Datar.

"GenRe Tanah Datar tergolong aktif mengkampanye program GenRe di kalangan kampus dan sekolah," puji Yusnani

Lebih lanjut, Yusnani berharap dengan terlaksananya pemilihan Duta GenRe, masyarakat khususnya generasi muda semakin mengetahui dan memahami sepenuhnya program-program GenRe dan semakin bertambah munculnya kelompok PIK Remaja dan Mahasiwa baru yang aktif menularkan "virus-virus" postif.

"Pada akhirnya nanti akan memberi kontribusi positif lahir generasi muda yang produktif dan kreatif, bonus demografi tahun 2020 di Indonesia benar-benar akan menjadi "bonus" bukan "beban" demografi bagi negara ini," ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Bupati Tanah Datar yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Politik dan Hukum Nuryeddisman = menyambut baik program GenRe yang bertujuan untuk pembentukan karakter dan kualitas generasi muda.

"Pemerintah daerah sangat konsen terhadap peningkatan kualitas SDM khususnya generasi usia muda," tegas Nuryeddisman.

Nuryeddisman berharap ke depannya pelajar Tanah Datar menyadari pentingnya menjaga kualitas diri untuk meraih masa depan yang cerah.

"Dengan tidak menikah di usia dini, tidak melakukan penyimpangan seksual dan tidak mencoba-coba narkoba, sejalan dengan program pemerintah daerah yang sangat konsen terhadap penerapan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah di Luak Nan Tuo," pungkasnya.