Kadis Kominfo Aceh Tengah Jadi Narasumber Webinar Nasional

Takengon - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Aceh Tengah Khairuddin menjadi narasumber dalam Webinar Nasional Gerakan Literasi Digital 2021. Webinar yang mengusung tema “ Tantangan dan Inovasi Pemerintah Daerah di Era Digital” ini dilaksanakan secara virtual pada Senin (14/6).

Selain Khairuddin, webinar yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI ini juga menampilkan narasumber Cecep Nurul Alam dari E-Learning, Pengamat Keamanan Media Digital Lalau Azwin Hamdani, dan Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Aceh Tengah Uswatuddin.

Khairuddin menyampaikan materinya secara virtual dari Aceh Tengah Command Center (ATCC) Takengon dengan mengangkat materi bertema “Mengembangkan Budaya Digital Berbasis Kearifan Lokal” dengan judul materi “Mengembangkan Budaya Digital (Digital Culture) Melalui Pemberdayaan kelompok Informasi Masyarakat”.

Menurut Khairuddin, budaya digital yang sudah merambah semua lini kehidupan, tidak boleh meninggalkan kearifan lokal, sehingga penggunaaan perangkat digital tidak tercerabut dari budaya lokal/daerah yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral, etika dan budi pekerti.

Dirinya mencontohkan, di daerah Gayo ada sebuah kearifan lokal yang disebut Budaya Sumang atau Budaya Pantangan yang mengandung 4 larangan atau pantangan yaitu Sumang Penengonen (panatangan apa yang tidak boleh dilihat), Sumang Pelangkahen (pantangan tentang tempat-tempat yang tidak boleh didatangi), Sumang Pecerakan (pantangan untuk bicara sesuatu yang tabu) dan Sumang Kenunulen (pantangan untuk tidak duduk di tempat yang tidak diperbolehkan atau duduk engan cara tidak sopan).

Penerapan Budaya Digital berbasis kearifan lokal ini, menurutnya akan efektif jika melibatkan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang anggota-anggotanya memang berasal dari masyarakat setempat, sehingga mengetahui dengan baik budaya dan kearifa lokal setempat.

"Dengan demikian KIM bisa memainkan dua peran yang sama pentingnya, yaitu mengembangkan budaya digital sampai ke tingkat kampung/desa sehingga masyarakat familiar dengan teknologi informasi dalam semua aspek dan akses layanan publik, sekaligus mampu menjaga budaya dan kearifan lokal," jelasnya.

Dalam webinar tersebut, Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar juga ikut hadir di ATCC serta berkesempatan memberikan sambutan virtualnya. Beberapa pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah juga terlihat mengikuti webinar ini secara langsung di ATCC, sementara ratusan peserta lainnya mengikuti webinar ini secara virtual dari daerah masing-masing.