Pj Bupati Muara Enim Buka Rakornas Tim PORA

Muara Enim - Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Nasrun Umar membuka Rapat Koordinasi (Rakornas) Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) di Griya Sintesa Hotel, Selasa (15/6).

Pada Rakornas Tim PORA Kabupaten Muara Enim diikuti sejumlah camat dan sejumlah kapolsek dan danramil.

Nasrun Umar, dalam sambutannya mendukung dan menyambut baik atas terselenggaranya acara ini. Ia mengatakan bahwa Rakornas Tim PORA ini merupakan wujud keinginan bersama dan bersinergi terhadap pengawasan orang asing.

"Pengawasan ini ialah kunci sinergis lintas sektoral, karena tanpa ini semua, Rakor Tim PORA yang dilaksanakan kurang bermanfaat," ujarnya.

Nasrun menjelaskan, camat harus berkoordinasi dan sinergitas dengan imigrasi serta harus mendukung lembaga vertikal, terlebih dengan keterbatasan rendang kendali yang amat jauh, pemerintah kecamatan perlu memiliki sinergitas dengan tidak ada ego sektoral dalam memperjuangkan masyarakat tapi harus tahu regulasi.

"Sampaikan bila ada kejanggalan yang perlu disampaikan ke Kantor Imigrasi beri tahu secara tertulis dengan tembusan ke Bupati agar masalah cepat selesai dan ada win - win solution tanpa ego sektoral. Acara ini juga sangat baik sebagai implementasi undang-undang serta meningkatkan kualitas SDM dan pengawasan orang asing," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Hukum HAM Sumatera Selatan diwakili Kepala Divisi Keimigrasian Herdaus, didampingi Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim Made Nur Hepi Juniartha berharap melalui Rakornas Tim PORA ini bisa meningkatkan pelayanan ke masyarakat dan menumbuhkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Muara Enim sehingga mensejahterakan masyarakat di wilayah Kabupaten Muara Enim.

"Kepada Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim untuk patuhi petunjuk dan pegang teguh tugas di bidang imigrasi," tegasnya.