Gelumbang dan Lawang Kidul Segera Nikmati Jaringan Gas Rumah Tangga

Muara Enim - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim, Sumatera Selatan, Juarsah bersama Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar rapat rencana pembangunan gas rumah tangga untuk Kecamatan Gelumbang dan Lawang Kidul di kantor Bupati Muara Enim, Kamis (12/3).

Juarsah menyampaikan bahwa Pemkab Muara Enim berkomitmen untuk mewujudkan program strategis nasional (PSN) ini.

"Pemkab Muara Enim siap membantu sosialisasi kepada masyarakat dan memfasilitasi kegiatan mitigasi serta penanganan permasalahan sosial yang berpotensi terjadi pada saat pelaksanaan," ujarnya.

Ia juga meminta kepada kontraktor untuk mengerjakan proyek dengan baik dan mengedepankan nilai estetika tanpa meninggalkan kerusakan.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengadaan Pembangunan Infrastruktur Migas Kementerian ESDM Mariani menyampaikan bahwa tahun ini, Kabupaten Muara Enim mendapat alokasi sebanyak 8.044 sambungan gas rumah tangga yang terdiri dari 4.044 sambungan di Kecamatan Gelumbang dan 4.000 di Kecamatan Lawang Kidul.

"Pengerjaannya sendiri akan segera dilaksanakan tahun ini juga, apalagi telah ditetapkan kontraktor pelaksanaan pada akhir Februari lalu," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Hasanudin menyampaikan terima kasih kepada Kementerian ESDM atas kerjasama dan dukungan terhadap program gas rumah tangga di Kabupaten Muara Enim.

Hasanudin menyampaikan bahwa gas rumah tangga ini telah menjadi bagian dari visi Kabupaten Muara Enim dengan target di tahun 2023 telah tersambung sebanyak 100.000 sambungan.

"Diharapkan setidaknya pada tahun 2021 dapat tersambung 2 kali lipat dari tahun 2020 ini, yaitu sekitar 16.000 sambungan rumah," ujarnya.