Gubernur Sumsel Hadiri Puncak Peringatan HUT PWI ke-75 dan Powarda

Banyuasin - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menghadiri acara puncak Peringatan HUT PWI Ke-75/HPN XLVII dan Porwarda Tingkat Provinsi Sumsel di Gedung Sedulang Setudung, Kompleks Pemkab Banyuasin, Kamis (24/6).

Kadis Kominfo Kabupaten OKU Priyatno Darmadi dan Kabag Prokopim Setda OKU Feri Iswan hadir mewakili Plh Bupati Edward Candra.

Acara ini sendiri mengambil tema "Memperkuat Peran dan Sinergi Pers Menuju Banyuasin Bangkit dan Sumsel Maju".

Gubernur Herman Deru, dalam sambutannya menyampaikan Pemerintah Provinsi Sumsel sangat peduli dan memberikan perhatian lebih pada seluruh insan pers. Dirinya juga meminta Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pusat dan daerah menguatkan perlindungan hukum bagi awak media saat menjalankan tugasnya.

Herman Deru menekankan penguatan perlindungan hukum bagi para jurnalis ini penting agar mereka tenang dalam menjalankan profesinyam sehingga dalam menjalankan tugasnya memproduksi dan menyampaikan informasi awak media dapat terhindar dari pelanggaran UU ITE dan kebebasan berpendapat.

Dikatakan Herman Deru, saat ini profesi wartawan memiliki tantangan yang lebih besar, sebab di era digital yang berkembang pesat, semua orang bisa menjadi wartawan.

Untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan rekan media, Herman Deru mengimbau agar PWI Sumsel meningkatkan uji kompetensi wartawan sebagai syarat dan tolak ukur dalam menjalankan profesinya.

"Dengan demikian diharapkan kedepan awak media semakin berintegritas membangun bangsa," ujar HD, sapaan akrabnya.

Selain itu HD juga meminta pers sebagai salah satu pilar demokrasi tetap independen serta memberikan sumbangsih lebih nyata untuk pembangunan negara khususnya di Sumsel.