Plh Bupati OKU Hadiri Lomba Desa Tingkat Provinsi 2021

Baturaja - Plh Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Edward Candra menghadiri Lomba Desa Tingkat Provinsi Tahun 2021, di gedung serba guna Desa Tanjung Makmur, Kecamatan Sinar Peninjauan, Kabupaten OKU, Sumatera Selatan, Senin (28/6).

Ketua Tim Penilai Lomba Desa Kepala Dinas PMD Provinsi Sumsel dalam hal ini diwakili oleh Kabid Bina Pemdes Uzirman Irwandi menyampaikan, tujuan diselenggarakannya lomba desa ini adalah untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahaan dan kemasyarakatan terhadap desa dengan status berkembang dan cepat berkembang yang dilaksanakan secara sinergi oleh pemerintah pusat dan daerah.

"Selain itu, tujuan pelaksanaan lomba desa dan kelurahan kali ini yakni, pertama, mengevaluasi, menilai dan mendorong Pemerintah Desa dan Kelurahan bersama masyarakat untuk menemukenali dan mengoptimalkan potensi yang ada di wilayahnya," urainya.

Kedua, tambahnya, untuk mengetahui capaian yang ada di desa dan kelurahan selama kurun waktu satu tahun dalam mewujudkan peningkatan kualitas hidup masyarakat pada aspek penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan serta kemasyarakatan.

"Terakhir, sebagai wadah apresiasi dari pemerintah pusat dan daerah berupa penghargaan kepada pemdes atas prestasi yang telah dicapai dalam memajukan, memandirikan dan mensejahterakan desa," ujarnya.

Selain itu, dirinya menjelaskan, pelaksanaan Lomba Desa 2021 diharapkan pemerintah pusat maupun daerah secara bersama memperhatikan poin-poin penekanan, antara lain inovasi yang dihasilkan dilakukan pemerintahan desa khususnya pada dinamika sosiologis akibat bencana non alam yaitu pandemi COVID-19.

"Selain itu juga harus tetap memperhatikan inovasi Desa serta pengembangan e-government dalam meningkatkan pelayanan masyarakat," ujarnya.

Seleksi berkas Lomba Desa Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2021 dilaksanakan pada pekan ke-IV Mei 2021 hinga pekan pertama Juni 2021. Untuk verifikasi lapangan telah dimulai pada 28 Juni 2021 sampai dengan selesai.

Tim Penilai pada Lomba Desa Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2021 merupakan Perwakilan dari Dinas PMD Sumsel, lintas sektoral dan TP-PKK Provinsi Sumatera Selatan.

Juara Lomba Desa ditetapkan berdasarkan hasil rekapitulasi penilaiandalam berita acara rekapitulasi penilaian tahapan.

Juara 1 Lomba Desa di masing-masing tingkatan provinsi diikutsertakan pada Lomba Desa pada tingkatan nasional.

Plh Bupati OKU Edward Candra menyampaikan, selamat datang  kepada tim penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2021 di Desa Tanjung Makmur, Kecamatan Sinar Peninjauan.

"Perlombaan desa dilaksanakan sebagai upaya mengetahui efektivitas, tingkat perkembangan Desa, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat serta daya saing Desa melalui pembangunan Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia dan sekaligus mengevaluasi perkembangan Desa 2 tahun terakhir yaitu tahun 2019 dan 2020," ujarnya.

Di samping untuk menilai keberhasilan pembangunan di desa, tambah Edward, Lomba Desa ini untuk memacu dan memotivasi desa untuk mengutamakan tertib administrasi dalam rangka memberikan pelayanan dan pengayoman dengan sebaik-baiknya kepada masyarakat.