Masuk Zona Merah, Warga di Tiga Distrik Jayapura Wajib Divaksinasi

Sentani - Pemerintah Kabupaten Jayapura, Papua, akan mulai melakukan vaksinasi COVID-19 kepada seluruh warga yang berada di tiga distrik yakni, Distrik Sentani, Distrik Sentani Timur dan Distrik Waibu.

"Sasaran vaksinasi untuk warga di tiga distrik itu dilakukan karena ketiga distrik itu masuk zona merah, dan ketiganya terdapat venue-venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, serta mengingat mobilitas masyarakatnya cukup padat dan penyebaran COVID-19 dinilai cukup tinggi," ujar Bupati Mathius Awoitauw di Jayapura, Senin (5/7).

Bupati menjelaskan, dirinya telah mengumpulkan semua tim medis untuk memulai persiapan vaksinasi terhadap seluruh warga yang ada di tiga distrik tersebut.

"Kemarin saya sudah kumpulkan tim medis, bahwa kita harus mulai bekerja di tiga distrik ini meliputi Waibu, Sentani dan Sentani Timur. Itu wajib masyarakat semuanya divaksin. Jadi tidak ada alasan dan harus divaksin. Makanya tadi juga saya sudah bicara dukungan dari semua pihak maupun Kepala Kampung," katanya.

"Apapun itu, kita harus lakukan (vaksin) itu. Karena yang zona merah ini lebih banyak itu di tiga distrik, apalagi venue PON semua ada di tiga distrik ini. Tidak ada alasan ya, vaksin tersedia dan tinggal tenaga medisnya saja kita kerahkan untuk turun sama-sama dengan kepala-kepala kampung maupun distrik. Itu saja yang kita lakukan," tambah Mathius Awoitauw.

Lanjut bupati, jika semua proses pelaksanaan vaksinasi sudah dilakukan, maka risiko penyebaran COVID-19 itu tidak meningkat.

"Kalau vaksin sudah terlaksana semuanya, maka risiko untuk COVID-19 meningkat itu sedikit. Meskipun kena (terpapar) COVID-19, tetapi penanganannya lebih ringan daripada orang yang sama sekali belum divaksin. Nah, itu yang akan kita lakukan di tiga distrik yang masuk kategori zona merah, karena ketiga distrik itu terdapat banyak positif COVID-19," ujarnya.