Sekretaris Bappenda Kabupaten Jayapura yang Baru Siap Bertugas

Sentani - Murah senyum dan penuh semangat. Begitulah kesan pertama saat betemu dengan Jimmy Yoku. Pria yang kini menjabat sebagai Sekretaris Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Jayapura ini, sejak 29 Juni 2020 lalu diamanahkan sebagai Sekretaris Bappenda Kabupaten Jayapura.

Laki-laki yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup ini, sebenarnya sudah tak asing lagi dalam dunia pengelolaan pendapatan daerah. Pasalnya, Jimmy juga sempat menjabat sebagai salah satu Kepala Bidang di Bappenda Kabupaten Jayapura.

Sekretaris Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Jayapura yang baru dilantik, Jimmy Yoku mengaku siap menjalankan tugas di badan ini.

"Saya secara pribadi, untuk posisi yang sekarang sebagai Sekretaris Bappenda itu saya pikir jabatan baru yang saya emban ini merupakan suatu amanah dari pimpinan maupun masyarakat dan terlebih ini adalah anugerah dari Tuhan. Tentunya, pasti ke depan saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk membackup pak Kaban, dalam rangka mengemban tugas beliau yang memimpin OPD Bappenda ini. Yaitu, bagaimana kita bisa mencapai target pendapatan daerah yang sudah ditetapkan," kata Jimmy Yoku ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/7).

Menurutnya, selaku pegawai ia siap ditempatkan di mana pun sesuai arahan pimpinan. Selain itu, kata Jimmy, jabatan Sekretaris Bappenda adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan dan tugasnya adalah untuk melakukan pembenahan secara internal.

"Sebagai sekretaris, bagaimana membenahi ke dalam terutama soal kedisiplinan dan juga mental staf yang perlu kita harus genjot. Supaya mereka kembali mendapat satu penyegaran, sehingga kita bisa sama-sama berjalan. Yang, diibaratkan kita ini adalah satu tim yang tidak mungkin kepala dan ekor ini jalan sendiri-sendiri.

"Bagaimana kita bisa merangkai kepala dan ekor ini biar berjalan bersamaan atau ekor dapat mengikuti kepala. Artinya, kita juga harus bisa memperhatikan kesejahteraan mereka dan sebaliknya mereka harus merasa kalau diperhatikan. Sehingga tanggung jawab mereka terhadap daerah dalam hal ini bagaimana bisa mengejar atau mencari pundi-pundi pendapatan untuk kepentingan pembangunan di daerah ini. Saya pikir itu terutama adalah pembinaan mental untuk teman-teman staf agar bisa mengangkat mereka kembali," imbuhnya.

"Kita juga tidak bisa menyalahkan pimpinan yang terdahulu, tetapi kita belajar terus ke depan. Jadi yang lalu biarlah berlalu itu menjadi pengalaman bersama dan kita terus jalan ke depan. Kalau ada hal yang baik, kita tetap jadikan itu sebagai bahan untuk digunakan ke depannya," sambung Jimmy Yoku.

Mantan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura ini, mengaku penunjukan dirinya sebagai Sekretaris Bappenda itu tidak kaget karena ia merasa kembali ke tempat awalnya. Ia juga menyatakan siap menjadi Sekretaris Bappenda menggantikan pejabat sebelumnya.

"Saya siap jalankan tugas sesuai amanah dari pak Bupati dan Wakil Bupati. Kita segera menyelesaikan pekerjaan yang tertunda," ujar Jimmy Yoku.