Di Mubes, Bupati Aceh Barat Minta IPMJ Tingkatkan Wawasan Kebangsaan

Meulaboh - Bupati Aceh Barat Ramli MS membuka Musyawarah Besar Ikatan Pelajar Mahasiswa Johan Pahlawan (IPMJ) ke-XV tahun 2021 yang di selenggarakan di Aula Bappeda pada Minggu (11/7).

Mubes IPMJ ke-XV yang mengusung tema regenerasi kepemimpinan demi terwujudnya IPMJ yang berkualitas ini turut dihadiri oleh Camat Johan Pahlawan, Ketua Ipelmabar, Ketua umum IPMJ, serta segenap pengurus IPMJ.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Ramli MS menyampaikan apresiasi serta kebanggaannya kepada IPMJ yang tetap bersatu dalam melaksanakan Mubes pada hari ini meski saat ini Aceh Barat masih berada dalam pandemi COVID-19.

"Kita harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan di tengah masa sulit seperti saat ini demi menciptakan kestabilan dan ketertiban negeri ini," ucapnya.

Ramli MS menyebutkan bahwa pandemi COVID-19 sudah menjadi konsensus nasional hingga internasional. Oleh sebab itu, kita dituntut untuk terus konsisten dalam menerapkan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran virus COVID_19 khususnya di Kabupaten Aceh Barat agar tatanan kehidupan bisa kembali normal seperti sedia kala.

Lebih lanjut Ramli MS mengatakan bahwa IPMJ merupakan role model dari semua tingkah laku pelajar dan mahasiswa yang ada di Aceh Barat. Untuk itu, para pengurus yang tergabung dalam IPMJ ini harus mampu menjaga sikap dan prilakunya dalam menjalani kehidupan sosial kemasyarakatan ujarnya

Ramli MS meminta kepada para pelajar dan mahasiswa yang tergabung ke dalam IPMJ agar terus menjaga serta meningkatkan wawasan kebangsaan di tengah era globalisasi ini.

Menurutnya, saat ini banyak mahasiswa yang bergabung ke dalam organisasi, hanya berorientasi pada politik perebutan kekuasaan semata sehingga mengakibatkan hilangnya independensi dan fungsi mahasiswa sebagai pengawal pemerintahan di era demokrasi ini.

Ia berharap jangan sampai para pelajar dan mahasiswa ini terkontaminasi dengan politik kekuasaan. Fokuslah dulu pada pendidikan untuk menciptakan regenerasi IPMJ yang berkualitas.

"Mahasiswa memang dituntut untuk memahami politik, namun jangan dulu libatkan diri kedalam politik praktis yang hanya bertujuan untuk merebut kekuasaan," tuturnya.

"Mahasiwa boleh berpolitik, akan tetapi jangan sampai menjadi alat politik, namun terjunlah di perpolitikan yang lebih tinggi yaitu politik kebangsaan" tambah Ramli MS.

Ramli MS berharap Mubes IPMJ ke XV ini dapat melahirkan generasi muda yang berkompeten dan berkualitas dalam rangka memajukan Kabupaten Aceh Barat di masa yang akan datang. Kembali lah kepada fungsi mahasiswa yang sejati guna menciptakan iklim demokrasi yang sehat di Negeri yang kita cintai ini harapnya.

Ramli MS juga mengajak kepada segenap pengurus IPMJ untuk turut serta  mengkampanyekan serta memberi edukasi kepada masyarakat akan pentingnya disiplin dalam menerapkan prokes di setiap kegiatan guna mencegah penyebaran COVID-,19.

Selain itu, ia juga berharap IPMJ proaktif dalam mengadakan kegiatan sosial dan kegiatan keagamaan yang tetap mengedepankan kearifan lokal selama masa pandemi.

"Semoga Mubes ini dapat berjalan dengan lancar serta melahirkan regenerasi kepemimpinan yang berkualitas di dalam tubuh IPMJ. Mari bangkitkan daerah untuk menunjang pembangunan nasional serta teruslah mengabdi kepada keluarga, masyarakat, Bangsa dan Negara," tutupnya

Sementara itu, Ketua umum IPMJ anhilman Arrafi menyampaikan bahwa Mubes yang dilaksanakan hari ini bertujuan untuk melahirkan regenerasi kepemimpinan guna menjadikan IPMJ yang berkualitas di masa yang akan datang.

Ia berharap para pengurus yang tergabung didalam IPMJ ini bisa menjadi kebanggaan bagi Aceh Barat di semua lini kehidupan ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa IPMJ siap menjadi mitra pemerintah daerah serta siap memberikan kontribusi positif guna mewujudkan kemajuan di Kabupaten Aceh Barat ini.