Tingkatkan Akses Pelayanan Kesehatan Warga Didaerah Terpencil, Wabup Apresiasi Dinkes Riau Laksanakan PKB di Desa Cipang Kiri Hulu

Rohul– Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) Indra Gunawan mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Riau, yang telah melaksanakan Program Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB), didaerah sangat terpencil di Rohul, yakni di Desa Cipang Kiri Hulu, Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Sabtu (10/7).

Pasalnya, melalui program PKB ini sebagai upaya untuk meningkatkan akses pelayanan Kesehatan masyarakat yang sulit mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal karena keterbatasan akses jalan dan jarak tempuh yang jauh.

Diakui Wabup Indra Gunawan, Program PKB Pelayanan kesehatan terpadu di Desa Cipang Kiri Hulu ini sangat antusias diikuti oleh masyarakat. Masyarakat bisa memeriksa kesehatan yang dilayani dokter-dokter spesialis untuk berbagai pemeriksaan kesehatan maupun pelaksanaan Vaksinasi bagi Lansia, sebagai upaya untuk mencegah penularan COVID-19 di Rohul.

“Pertama, kita mengucapkan terima kasih banyak kepada Pemprov Riau melalui Kepala Dinas Kesehatan Riau ini yang telah melaksanakan Program PKB untuk pengobatan kesehatan masyarakat ini diadakan di Rohul, khususnya daerah terpencil di Desa Cipang Kiri Hulu,” ujarnya

“Saya mewakili pak Bupati Sukiman atasnama Pemda Rohul mendukung penuh kegiatan pengobatan bergerak ini sebagai upaya kita bersama untuk meningkatkan akses kesehatan masyarakat,” harapnya.

Pria yang akrap disapa Bang Ujang Lurah ini mengaku sudah banyak berdiskusi dengan Kadinkes Riau, baik dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat maupun untuk mendukung perbaikan infrastruktur akses jalan khusunya didaerah terpencil atau terisolir di Rohul.

“Sesuai diskusi dengan Ibu Kadinkes tadi masih banyak kekurangan, tentu kedepannya kita lakukan pembenahan dan perbaikan secara bertahap dan berkesinambungan, khsususnya untuk kesehatan dan infrastruktur warga yang tinggal di daerah terpencil ataupun terisolir,” harapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir Apt MM mengatakan kegiatan PKB ini yang merupakan Program Kemenkes RI yang dilaksankan oleh Diskes Riau, untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya di Desa Cipang Kiri Hulu.

“Dalam Program PKB ini, Semua pelayanan kita lakukan disana seperti Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak, Vaksinasi COVID-19, Pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti Hipertensi, Kolesterol, Diabetes dan Penyakit menular,” jelasnya.

“Kemudian ada juga kegiatan terkait dengan gizi dan pemberian makanan tambahan untuk anak-anak, kegiatan selama 3 hari ini, karena sebelumnya juga suda dilakukan, kita mendatangkan Dokter Spesialis,” tambahnya

Lanjut Kadiskes Riau, tujuannya mendatangkan Dokter-Dokter Spesialis ke Desa Cipang Kiri Hulu, karena selama ini jarang turun ke Desa-Desa, makanya pihak Diskes Riau mendatangkan Dokter Spesialis Anak, Penyakit Dalam, Bedah, Dokter Jiwa, karena di Desa Cipang Kiri Hulu tersebut ada datanya yang menyatakan bahwa ada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

“Ini dipilih di daerah sangat terpencil, karena kita ketahui jarang disentuh pelayanan kesehatan spesialis. Kalau dilihat dari Pelaksanaan, antusias masyarakat sangat tinggi, namun demikian kalau kondisi kesehatan masih taraf yang normal, banyak yang sehat,” ujarnya.

“Kita tadi melihat disana antusias masyarakat untuk berobat cukup tinggi, untuk itu kita kedepannya harus memikirkan pelayanan yang spesialis kepada masyarakat, seperti Puskesmas, Spesialis Anak atau Obgyn, penyakit dalam untuk lansia, karena tadi banyak lansia, yang berobat dan divaksinasi," tambahnya.

Kemudian, Kepala Desa Cipang Kiri Hulu Maspuri mengatakan, pelaksanaan PPKM di desanya sangat antusias diikuti masyarakat. Ia berharap melalui pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Bergerak ini dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakatnya.

“Alhamdulillah kegiatan PKB hari ini sangat antusias masyarakat untuk datang kesini mengikuti prorgam Pelayanan Kesehatan dari Diskes Riau ini cukup tinggi, bahkan di Tahap I ini ada beberapa masyarakat yang tidak bisa berobat karena kita keterbatasan waktu,” ujarnya.

“Kita tadi buka pukul 8.00 hinga 12.00, jadi sangat tinggi antusias masyarakat untuk datang berobat di Program PKB ini. Kami atasnama Pemerintah Desa Cipang Kiri Hulu mengucapkan terima kasih kepada Diskes Riau dan Diskes Rohul,” katanya

Diakui Maspuri, lebih kurang sebanyak 200 warganya dari kalangan Lansia juga sudah divaksinasi COVID-19. Ia menghimbau bagi masyarakat yang hari ini belum bisa berobat baik divaksin maupun pelayanan kesehatan lainnya, kegiatan PKB ini akan berlanjut di tahap ke-2 dan ke- 3.