Dinsos Kota Kediri Terus Distribusikan Sembako Bagi Warga Isoman

Kediri - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur melalui Dinas Sosial terus mendistribusikan sejumlah paket sembako dan masker bagi warga yang melakukan isolasi mandiri akibat COVID-19.

Kepala Dinas Sosial Kota Kediri Triyono Kutut Purwanto menuturkan, pendistribusian paket sembako ini bersinergi dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Yang bertugas ikut mendistribusikan hari ini, Selasa (13/7), yaitu PDAM, Dinas Perdagangan dan Perindustrian serta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri," jelas Kutut.

Ia mengatakan, sebanyak 117 paket sembako dan masker ini didistribusikan kepada warga yang tengah melakukan isolasi di 15 kelurahan. Kelurahan tersebut meliputi Kelurahan Bujel sebanyak 9 paket, Bandar Kidul (62), Mrican (3), Lirboyo (5), Campurejo (9), Pojok (7), Ngronggo (4), Kaliombo (2), Pocanan (1 paket), Kemasan (1), Dandangan (3), Banjaran (4), Setonopande (2), Singonegaran (1) dan Blabak (2).

Pada pendistribusian bansos kali ini, Kelurahan Bandar Kidul memiliki 62 KK yang melakukan isolasi mandiri. Menurut Kutut ini dikarenakan di salah satu gang, yaitu gang X melakukan micro lockdown.

"Awalnya ada lima orang warga dari satu KK warga gang X yang positif. Mengetahui hal ini akhirnya puskesmas melakukan tracing dan swab massal," jelasnya.

Lebih lanjut Kutut menjelaskan bahwa ada 89 orang dari 61 KK yang mengikuti swab massal.

"Dari 89 orang ini, ada 28 orang yang positif. Akhirnya seluruh warga di gang X memutuskan untuk melakukan micro lockdown agar dapat memutus rantai penyebaran COVID-19," terangnya.

Kutut menuturkan bahwa selain membagikan bantuan sosial bagi masyarakat, Pemkot Kediri juga memberikan paket sembako dan masker bagi Satpol PP Kota Kediri.

"Ada 15 paket yang dibagikan untuk Satpol PP yang terkonfirmasi positif dan sedang melakukan isolasi mandiri," ujarnya.

Kutut menjelaskan bahwa isi dari paket sembako ini senilai Rp 500.000 yang berisi kebutuhan pokok dan masker.

"Paket sembako plus berisi 20 kilogram beras, 3 kilogram telur (5 pax), 4 liter minyak goreng, 4 kaleng sarden dan 2 botol kecap serta 2 kotak masker," tuturnya.