DPMK-Dinkes Jayapura Kerjasama Gelar Vaksinasi di 72 Titik

Sentani - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Jayapura menjalin kerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk menggelar vaksinasi massal COVID-19 di kampung-kampung.

Hal itu sesuai arahan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, saat rapat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang akan dilakukan di 72 titik.

"Terkait dengan vaksinasi di kampung yang tersebar di 72 titik, yang akan dilangsungkan oleh petugas medis itu merupakan hasil koordinasi atau arahan dari Pak Bupati selaku Ketua Satgas COVID-19 Kabupaten Jayapura. Yang mana beliau mengarahkan agar semua masyarakat di kampung-kampung untuk divaksin," kata Kepala DPMK Kabupaten Jayapura Elisa Yarusabra ditemui, Selasa (13/7).

Imi bulan Juli ini, tutur Elisa, kegiatan vaksinasi ini sudah bisa dilakukan di 72 titik yang ada di kampung-kampung.

"Memang kita sudah tahu, bahwa vaksin ini banyak menjadi pertanyaan di kalangan masyarakat. Macam-macam komentar beragam mengenai vaksinasi COVID-19 ini. Tapi, itu merupakan tugas kita untuk mensosialisasikan vaksinasi tersebut. Untuk itu, kita harap agar pemerintah kampung juga harus hadir melakukan sosialisasi vaksin dan juga bisa mempersiapkan dukungan terhadap kegiatan vaksinasi dengan menyiapkan dana desa (kampung) sebesar 8 persen untuk mensukseskan program vaksinasi tersebut," terang Elisa Yarusabra.

"Sehingga benar-benar vaksin ini menjadi sebuah penanganan, tetapi juga mendapat dukungan dari semua pihak dalam hal ini pemerintah tingkat kampung dan Pemkab Jayapura melalui OPD terkait," pungkasnya.