Pemkab Ngawi Ikuti Rakor Monitoring Progres Pengembangan Kawasan Industri

 

Ngawi - Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono didampingi Sekretaris Daerah Mokh. Sodiq Triwidiyanto dan Kepala Bappelitbang Indah Kusumawardhani mengikuti rapat koordinasi monitoring progres perencanaan dan persiapan pembangunan kawasan industry bersama Asisten Deputi (Asdev) Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Hari Kusmardianto secara virtual di Command Center Setda, Rabu (14/7).

Bupati Ony menyampaikan bahwa terkait permohonan pertimbangan perubahan peruntukan fungsi kawasan hutan untuk pengembangan kawasan industri di Kabupaten Ngawi, progres terakhir pada survei kondisi exsisting kawasan industri yang dilakukan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Rabu (23/6) lalu.

“Kita sudah sampai pada eksistensi lapangan pertimbangan gubenur dan rekomendasi teknis dari Perhutani,” katanya.

 

Dijelaskan Ony Anwar bahwa setelah muncul rekomendasi tersebut akan menjadi pertimbangan Kementerian LHK menerbitkan hak pengelolaan lahan (HPL) untuk perubahan keperuntukan dan fungsi termasuk mekanisme ganti rugi dan lainnya.

“Itu nanti akan dikomunikasikan dengan Kemenko Marves. Dan, kita mempersiapkan dulu draft persyaratannya lalu dikirim ke KLHK, kemudian nantinya akan ada pertimbangan HPL-nya untuk Kabupaten Ngawi,” terangnya.

Seperti yang dikatakan Bupati Ngawi bahwa percepatan secara administrasi akan terus diupayakan, sehingga di tahun 2022 pembangunan sudah bisa dilakukan.

“Kita kejar di tahun 2021 secara administrasi apa yang diinginkan KLHK, kita penuhi. Sehingga di tahun 2022 harapannya sudah mulai running,” tambahnya.