Pemkot Palembang Tambah Satu Hektar Lahan Pemakaman COVID-19

Palembang - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, berencana menambah areal pemakaman khusus pasien COVID-19 di kawasan TPU Gandus Hill seluas satu hektar. Langkah ini sebagai antisipasi apabila lahan seluas dua hektar yang telah digunakan sejak Mei 2020 penuh.

Kepala Dinas PRKP Kota Palembang Affan Prapanca Mahali mengatakan, saat ini keterisian lahan tersebut sudah 70 persen terhitung sejak pandemi COVID-19.

"Untuk lahan COVID-19 TPU Gandus pada tahap awal disiapkan seluas dua hektar. Namun dalam waktu dekat akan disiapkan lagi penambahan untuk areal baru sekitar satu hektar, lokasinya masih di TPU Gandus Hill. Total keseluruhan lahan yang kita punya adalah lima hektar," jelasnya.

Affan menambahkan, saat ini pasien COVID-19 yang dimakamkan sesuai dengan permintaan pemakaman dari rumah sakit yang ada di wilayah Kota Palembang atau warga setempat yang meninggal di luar kota.

"Ada juga yang dari luar minta dimakamkan di Palembang, saat dirawat mungkin dari RS di luar Palembang namun untuk pemakaman permintaannya di Palembang. Kita tetap akan terima," kata dia.

Ia mengatakan, total petugas penggali ada empat orang dan dua cadangan ber-stand by di lokasi. Dalam sehari, kini petugas melakukan penggalian lubang makam untuk pasien COVID-19 sebanyak 1-6 orang.

"Jumlahnya yang dimakamkan fluktuatif. Untuk upah telah dibayarkan sesuai dengan jumlah lubang yang digali," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, telah menginstruksikan dinas terkait untuk land clearing.

"Karena masih banyak semak belukar jadi harus dibersihkan baru bisa diratakan untuk lahan pemakaman," ujarnya.