Pj Bupati Muara Enim Dampingi Gubernur Sumsel Resmikan Jaringan Listrik di SDU

Muara Enim - Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Nasrun Umar (mendampingi Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru meresmikan jaringan listrik PT PLN (Persero) di tujuh desa di Sumsel, yang tiga diantaranya berada di wilayah Muara Enim tepatnya di Desa Pelakat, Desa Danau Gerak dan Desa Tanjung Agung, Kecamatan Semendo Darat Ulu (SDU).

Selain meresmikan jaringan listrik, keduanya juga menyerahkan bantuan sosial kepada masyarakat terdampak COVID-19 secara simbolis kepada perwakilan tiga orang dari masyarakat Semendo Darat Ulu (SDU), Semendo Darat Tengah (SDT), dan Semendo Darat Laut (SDL).

Pj Bupati Muara Enim Nasrun Umar, dalam sambutannya mewakili masyarakat Semende Raya sangat bersyukur dan berbahagia karena tiga desa di ujung barat Provinsi Sumatera Selatan ini, yaitu Desa Pelakat, Desa Danau Gerak dan Desa Tanjung Agung yang selama ini menikmati listrik dengan Pembangkit Listrik Mikro Hidro (PLMH), akhirnya dapat dialiri jaringan listrik dari PLN.

Lebih lanjut Nasrun menyampaikan bahwa rasio desa berlistrik di Muara Enim saat ini sebesar 99,6% dan rasio kepala keluarga atau rumah tangga berlistrik sebesar 87,97%.

"Dengan adanya penambahan jaringan listrik di tiga desa hari ini dengan perkiraan sebanyak 4.419 kepala keluarga, maka akan meningkatkan nilai total rasio elektrifikasi di Sumatera Selatan dari 98,01% menjadi 99,00%, dan secara spesifik peningkatan rasio desa berlistrik PLN di Sumatera Selatan naik dari 98,77% menjadi 98,89%," ujar Nasrun di Desa Pelakat, Selasa (27/7).

Selain itu, Nasrun Umar juga mengucapkan terima kasih kepada PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu.

Selain itu, Pemkab Muara Enim juga mendapat bantuan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility PT PLN (Persero) Rp170 juta untuk pengembangan tujuh kegiatan sarana dan prasarana di Kampung Malaka, Desa Kertamulya, Kecamatan Gelumbang.

Nasrun juga berharap sentuhan dari gubernur Sumatera Selatan dan PLN dapat menambah jaringan listrik di Dusun IV, Desa Babatan, Kecamatan Semendo Darat Laut (SDL), Desa Segamit dan Desa Tanjung Tiga, Kecamatan Semendo Darat Tengah (SDT).

"Jadi Pak Gubernur, dari wilayah Semendo Raya ini masih ada tiga desa yang belum teraliri jaringan listrik PLN. Untuk itu kiranya dapat segera direspons dan dialiri listrik agar sama seperti desa lainnya. Dengan adanya aliran listrik ini maka akan meningkatkan kinerja dari pada masyarakat Semendo agar taraf hidup naik seiring dengan perekonomian yang membaik," ujarnya.

"Saya ucapkan selamat kepada tiga desa di SDU. Semoga dapat memberikan manfaat dan peningkatan kualitas hidup. Hal ini merupakan wujud nyata dari keseriusan Pak Gubernur dalam mewujudkan kehidupan masyarakat Sumsel yang lebih layak," lanjut Nasrun.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah memberikan kemudahan bagi wilayah Semende.

"Belum tentu semua rakyat kita ini dapat menikmatinya, dan wilayah Muara Enim adalah sentralnya pemasok energi di Pulau Sumatera," ujar Herman Deru yang akrab disapa HD ini.

"Kepada Bupati saya pesankan, wilayah Semendo ini adalah tiga kecamatan yang tetap bertahan dengan adatnya, tapi bukan berarti masyarakatnya ini tidak dapat di ajak modern. Kita lestarikan adat istiadatnya diiringi dengan masuknya moderenisasi secara perlahan," ujar HD.

Selain itu, HD berharap kepada Dinas Perkebunan untuk lebih memperhatikan lagi perkebunan kopi di Semendoagar kualitas dan kuantitasnya semakin membaik.

"Masalah kopi ini agar dari proses panen hingga pengelolaan lebih higenis lagi serta dalam proses packing untuk lebih diperhatikan agar menarik perhatian konsumen serta meningkatkan harga jual," pintanya.

Sedangkan untuk masalah kelistrikan, HD meminta pada tahun 2022 dapat diselesaikan masalah listrik di wilayah Semendo.

Penyerahan Bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kampung Malaka sendiri secara simbolis dilakukan oleh General Manager PT PLN (persero) Unit Induk Wilayah (ULW) Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu Bambang Dwiyanto.

Turut hadir, Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Erwin Iswari, Kapolres Muara Enim AKBP Danny H.A. Sianipar, serta tamu undangan lainnya.