Palembang Raih Penghargaan Kota Layak Anak 2021

Palembang - Kota Palembang menerima penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Wali Kota Harnojoyo mengatakan, Palembang kali ini mendapatkan penghargaan tingkat Pratama sebagai Kota Layak Anak 2021.

"Alhamdulillah kita mendapatkan penghargaan tingkat Pratama sebagai kota layanan. Tentu sebagaimana kita ketahui adalah penerus bangsa ini harus kita perjuangkan hak dan perlindungannya," ujarnya saat kegiatan video vonference bersama Kementerian PPPA, Kamis (29/7).

Seperti diketahui Kota Palembang telah mencanangkan beberapa program, khususnya terkait perlindungan, pendidikan hingga kesehatan terhadap anak nampaknya kini membuahkan hasil.

"Selain pendidikan dan perlindungan, Pemerintah kota Palembang juga terus memperjuangan hak terkait kesehatan anak itu sendiri," jelasnya.

Hal tersebut terbukti dari persentase stunting di Kota Palembang yang dinilai telah melebihi target.

"Stunting kita melebihi dari target, target kita 7 persen tetapi kita di bawah 5 persen dan nasional bahkan masih 20 persen stunting," ujarnya.

Terkait dengan pendidikan, Pemerintah kota Palembang juga terus berjuang dalam pendidikan layak anak, seperti pendidikan sekolah filial kepada anak di lembaga kemasyarakatan.

"Kemudian dengan Poltabes (Program Layanan Tak Boleh Berhenti Sekolah) melalui Sekolah Filial Anak Jalanan dan Anak Putus anak jalanan juga kita akomodir. Begitu juga dengan perlindungan dari kekerasan, itu juga menjadi perhatian bagi kita," ucap Harnojoyo.

Dengan penghargaan tingkat Pratama KLA 2021 yang telah diraih ini, jelas Harnojoyo, pastinya akan dipertahankan bahkan akan di tingkatkan.

"Urusan anak ini tidak cukup hanya pemerintah tetapi kerjasama semua pihak. Yang paling penting adalah peran orang tua," ujarnya.