Pemkot Palembang Perpanjang PPKM Level 4

Palembang - Pemerintah Kota Palembang kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 mulai 3-9 Agustus 2021.

"Ya, kota Palembang kembali memperpanjang PPKM untuk ketiga kalinya hingga 9 Agustus," ujar Wali Kota Palembang Harnojoyo, Selasa (3/8).

Masa PPKM Level 4 tahap 3 ini, lanjut Harnojoyo, semua aturan masih sama seperti sebelumnya.

"Aturan tak ada perubahan, masih sama seperti yang kemarin. Operasional mall juga masih tutup," jelasnya,

Untuk itu, Harnojoyo meminta kepada semua pihak untuk bersama mematuhi penerapan PPKM ini.

"Mari sama-sama kita jaga di masa PPKM ini. Dan mari kita antusias untuk vaksinasi agar memutus penyebaran virus ini," imbuhnya.

Ia mengatakan, akan adan bantuan sosial (Bansos), salah satunya sudah ada dari Yayasan Buddha Tzu Chi yang akan dberikan kepada masyarakat miskin baru.

"Bantuan ini akan kita salurkan secara bertahap dan kita harapkan akan ada bantuan dari yayasan lainnya yang juga ikut membantu seperti ini," tegas dia.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan sejak sepekan pelaksanaan PPKM Level 4 indikator perkembangan kasus COVID-19 ada yang mengalami penurunan, seperti jumlah kasus konfirmasi positif menurun per Senin (2/8) dibandingkan saat dua hari sebelumnya.

Kemudian, angka kesembuhan pasien COVID-19 mengalami peningkatan. Sementara untuk Bed Occupancy Rate (BOR) di RS Penanganan COVID-19 di Palembang turun sedikit dari 87 persen menjadi 84 persen.

"Namun di Instruksi Mendagri, Palembang masih berada di Level 4. Karenanya, perlu optimalkan peran camat-lurah untuk monitor di lapangan membantu para petugas Puskesmas," katanya.

Selain itu, tambahnya, Dinas Sosial juga segera untuk kembali memvalidasi data masyarakat terdampak pandemi COVID-19 agar penyaluran bantuan yang masuk ke Pemerintah Kota Palembang dapat segera disalurkan ke masyarakat di masa PPKM Level 4.

"Maksudnya divalidasi agar tidak tumpang tindih dengan bantuan lain yang sudah diterima masyarakat sehingga mereka uang belum sama sekali tersentuh akan mendapatkan bantuan dari pemkot segera di PPKM Level 4," katanya.

Ratu Dewa mengatakan, sebanyak 30 ribu paket sembako dari Buddha Tzu Chi yang masuk melalui Polda Sumsel akan diserahkan ke Pemkot Palembang.

"Ini hanya akan diberikan untuk masyarakat miskin baru (misbar) yang belum menerima bantuan sama sekali, agar tepat sasaran," katanya.

Ia mengatakan, data yang akan divalidasi berasal dari tingkat RT, lurah, camat dan ke Dinas Sosial.

"Menurut arahan mereka tidak boleh tumpang tindih. Kita akan mengacu mekanisme penyaluran door to door kerjasama dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas, lurah dan RT," ujarnya.

Di sisi lain, tambah Ratu Dewa, bagi pihak-pihak yang ingin membantu masyarakat melalui tingkat kecamatan/kelurahan diharapkan tidak dalam bentuk bantuan uang tunai namun ke paket-paket sembako.

"Bantuan ini ada yang sifatnya gotong royong dari pihak ketiga berupa barang. Camat harus pukul rata koordinasi dengan RT dan lurah agar membagikan bantuan ke mereka yang belum pernah menerima," ujarnya.