Dinas Permades Pulpis: Posko PPKM Mikro Jadi Pusat Informasi COVID-19 di Desa

Pulang Pisau - Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang ada di desa-desa diharapkan dapat menjadi sarana dan pusat informasi bagi masyarakat terkait perkembangan COVID-19 di Desa.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Permades) Kabupaten Pulang Pisau Deny Widanarni melalui Kepala Bidang Pemdes Yanoadi, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (3/8).

Yanoadi mengatakan, pembentukan Posko PPKM Mikro ini sudah dilakukan masing-masing desa, dan bentuk pelaksanaannya berbeda-beda sesuai inovasi dalam menanggulangi COVID-19.

"Harapannya masing-masing Posko PPKM di desa dapat memberikan dampak yang baik bagi masyarakat, khususnya terkait dengan informasi. Satgas PPKM Mikro di desa diharapkan dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat mengenai pentingnya vaksinasi, Pasalnya banyak masyarakat di desa yang termakan 'hoaks' terkait vaksinasi," kata Yano, sapaan akrabnya.

Meski demikian, ujar Yano, antusias masyarakat di desa untuk melakukan vaksinasi masih cukup signifikan meski ada isu hoaks yang beredar tersebut.

“Terpenting adalah petugas satgasnya untuk meyakinkan masyarakat pentingnya vaksinasi tersebut," lanjut Yano.

Menurutnya, Satgas PPKM di desa mempunyai peranan strategis dalam upaya pencegahan dan penanganan COVID-19.

"Posko PPKM yang sudah dibentuk di masing-masing desa diharapkan juga mensosialisasikan dan memberi pemahaman, kesadaran kepada warga akan pentingnya protokol kesehatan 5M yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas," pungkasnya.