Dinkes Kota Palembang: Vaksin 'Booster' Khusus Nakes

Palembang -  Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Kesehatan telah menerima vaksin dengan platfrom Moderna sebanyak 1.160 vial atau 16.240 dosis. Vaksinasi dosis ketiga yang ditujukan khusus untuk tenaga kesehatan (nakes) akan dilakukan selama Agustus, sesuai dengan usia ketahanan vaksin Moderna.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang Fauziah mengatakan, dosis ketiga atau 'booster' vaksin ini dikhususkan bagi nakes yang dibuktikan dengan fakta integritas dan telah melakukan vaksinasi tahap ke 1 dan 2 Sinovac minimal 3 bulan setelahnya.

"Vaksin Moderna dikhususkan untuk sekitar 16 ribu nakes, sudah ada 12.500 yang telah melalukan vaksin pertama dan kedua. Vaksin booster ini sebagai bentuk pencegahan dampak buruk dari COVID-19," ujarnya, Rabu (4/8).

Fauziah mengatakan, jumlah vaksin yang ada mencukupi untuk vaksinasi seluruh nakes di Kota Palembang. Dari 1.160 vial ini total untuk 16.240 nakes dimana satu vial untuk 14 dosis. Sebelum dilakukan vaksinasi, Dinkes sudah menyebarkan Google form sebanyak 1.500 dan sudah diisi nakes 1.300 orang.

"Vaksin dosis ketiga dari Moderna ini khusus untuk booster vaksin," katanya.

Berbeda dengan Sinovac, jelas Fauziah, vaksin Moderna hanya bisa bertahan pasa suhu -25 - 15 derajat celcius selama 3 bulan. Sedangkan kulkas yang dimiliki hanya 2-8 derajat sehingga Moderna hanya bertahan 2/8 hari.

"Kita upayakan untuk mempercepat pelaksanaan vaksin massal ini dengan dibantu oleh nakes di puskesmas dan di fasilitas kesehatan (faskes) yang tidak melakukan proses vaksinasi tahap 1 dan 2," katanya.

Selain itu juga, tambah Fauziah, dengan stok vaksin 1 dan 2 yang terbatas, pihaknya sudah melakukan pertemuan virtual Kementerianbl Kesehatan, dan pertengahan Agustus nanti akan datang vaksin yang cukup banyak dengan prioritas khusus dosis kedua dan ibu hamil.

"Pada pekan ke empat Juli dan awal Agustus sudah masuk tapi jumlahnya terbatas," pungkasnya.