Pj Bupati Muara Enim Lepas Bantuan Beras PPKM

Muara Enim - Pj Bupati Muara Enim Nasrun Umar melepas penyaluran bantuan beras Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Program Keluarga Harapan  (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) melalui Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2021.

Kepala Dinas Sosial Bhakti di halaman Pemkab Muara Enim, Rabu (4/8), dalam laporannya menyampaikan, pemerintah memberikan bantuan beras 10 kg untuk meringankan beban pengeluaran KPM PKH dan BST pada saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Bhakti mengatakan, penyaluran beras PPKM dilaksanakan oleh transportir PT DNR Palembang pada 4-5 Agustus 2021 di beberapa titik, didampingi SDM PKH dan Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 tingkat desa/kelurahan, babinsa dan bhabinkamtibmas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Sebelumnya kami juga sudah menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) di 10 Kantor Pos dalam wilayah Kabupaten Muara Enim dengan jumlah 6.828 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Per KPM mendapatkan bantuan sebesar Rp300.000/bulan selama dua bulan yaitu Mei dan Juni," jelasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Muara Enim Nasrun Umar mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial yang telah menyalurkan 319,58 ton beras untuk 31.958 Kepala Keluarga (KK) atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM), warga Kabupaten Muara Enim yang terdampak pandemi COVID-19.

Secara simbolis bantuan beras ini diterima dari gudang Bulog Lahat yang disalurkan langsung  ke 246 desa dan 10 kelurahan pada 22 kecamatan di Kabupaten Muara Enim dengan didampingi para petugas Program Keluarga Harapan (PKH), Taruna Siaga Bencana dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dalam lingkup setempat.

"Saya berharap semoga program ini dapat bermanfaat dan mampu meringankan beban masyarakat di tengah-tengah pandemi COVID-19, terutama khususnya bagi keluarga pra sejahtera," harapnya.

Pada kesempatan ini, Nasrun Umar juga mengimbau agar penyaluran bantuan ini dilaksanakan dengan tertib dan tepat sasaran, serta pelaksanaannya tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

"Dengan iringan doa kita bersama, semoga penyaluran berjalan dengan lancar dan sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan," pungkasnya.