Bupati Aceh Tengah Buka "Fopmat Fair 2021" Secara Virtual

Takengon - Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar membuka kegiatan "Fopmat Fair 2021" yang digelar secara virtual, Minggu (8/8). Acara yang digagas oleh Forum Pelajar dan Mahasiswa Aceh Tengah (Fopmat) ini sedianya akan dilaksanakan secara offline, namun mengingat masih dalam situasi pandemi COVID-19, akhirnya kegiatan ini dilaksanakan secara virtual.

Bupati Shabela Abubakar, dalam sambutannya mengungkapkan rasa bangga atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurutnya, meskipun kondisi Aceh Tengah masih dirundung dalam situasi zona merah, namun tidak boleh menyurutkan semangat untuk terus berbuat dan berkarya bagi kemajuan daerah, terutama dalam bidang pendidikan generasi muda.

Menurut Shabela, acara yang digelar oleh Forum Pelajar dan Mahasiswa Aceh Tengah itu sangat strategis dan cukup berarti dalam memotivasi para pelajar untuk berprestasi, serta menjadi wadah pengembangan diri untuk tampil berani serta percaya diri.

"Dalam kesempatan ini saya ingin menyampaikan apresiasi kepada adik-adik sekalian yang telah mengundang saya untuk membuka langsung acara FOPMAT Fair ini, walaupun hanya digelar secara virtual, namun ini tetap merupakan kegiatan strategis dan dapat mengedukasi pelajar-pelajar yang berada di sekitaran Tanoh Gayo ini,” ujar Bupati Shabela dari Aceh Tengah Command Center (ATCC).

Lebih lanjut Shabela menyampaikan, pihaknya menaruh harapan agar kegiatan ini benar-benar dapat menjadi suluh terang dalam memberikan titik cerah bagi dunia pendidikan didaerah itu, di tengah-tengah kelesuan belajar mengajar maupun pengembangan keilmuan dan bakat generasi muda, akibat pandemi COVID-19 yang melanda. Oleh karena itu, dirinya mengajak seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini terutama para peserta, untuk dapat mengikuti rangkaian kegiatan dan perlombaan dengan sungguh-sungguh dan seksama.

"Dari ketinggian 1.200 mdpl Tanah Gayo, kami ucapkan selamat pada semua yang terlibat dalam kegiatan edukatif ini, mari ikuti acara dengan sungguh-sungguh dan kami mendukung penuh acara ini," sambungnya.

Sebelumnya, Jawahir Syahputra selaku pembina Fopmat, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diagendakan akan berlangsung selama sepekan hingga 14 Agustus mendatang dan diisi dengan aneka perlombaan seperti MTQ, cerdas cermat agama, vokal solo, desain poster, melukis, film pendek, cerdas cermat umum, olimpiade, debat bahasa, serta ranking satu untuk tingkat SLTP dan SLTA se-Kabupaten Aceh Tengah.

Dalam kesempatan itu Jawahir juga menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Aceh Tengah yang sudah mendukung secara penuh baik moril serta materil untuk kegiatan yang bertujuan mengedukasi pelajar-pelajar tanah Gayo.

"Kami berterima kasih atas seluruh dukungan yang diberikan oleh Pemkab Aceh Tengah, sehingga kegiatan tahunan yang kami adakan setiap tahun ini dapat berjalan dengan lancar, termasuk dukungan fasilitas virtual oleh Dinas Kominfo di Command Center ini,” ungkap Jawahir.

Menandai dimulainya Rangkaian Kegiatan FOPMAT Fair 2021 ini, dibuka dengan Diskusi Publik bertema "Kondisi Pertanian di Tanoh Gayo yang Terdampak COVID-19" dimana Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar bertindak sebagai keynote speaker.