Pj Sekda Muara Enim Dorong Kades dan Lurah Optimalkan Posko PPKM

Muara Enim - Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, menggelar rapat evaluasi pencegahan penyebaran dan perkembangan penanganan COVID-19 yang dipimpin oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Emran Tabrani di ruang rapat Pangripta Sriwijaya, Kantor Bappeda, Senin (9/8).

Dalam arahannya, Pj Sekda Emran mendorong para kepala desa (Kades) dan lurah untuk mengoptimalkan peran Posko PPKM. Menurutnya, efektivitas pemberlakuan PPKM Mikro sangat tergantung pada peran Posko PPKM sebagai wadah koordinasi implementasi dalam melakukan pencegahan penyebaran COVID-19 di tingkat desa/kelurahan dengan kepala desa serta lurah sebagai 'aktor' utamanya.

Selain itu, Pj Sekda Emrab juga meminta agar para camat dan rekan forkopimcam dapat memberikan pengertian/edukasi kepada masyarakat terkait COVID-19.

“Berikan penjelasan kepada masyarakat agar jangan panik dalam menghadapi pandemi COVID-19 saat ini karena insya Allah ini dapat diatasi dengan cara menerapkan protokol kesehatan (prokes) 5M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas kegiatan), dan yang tidak kalah penting menjaga kesehatan, imunitas dan rajin berolahraga,” terangnya.

Kemudian, Emran juga menginstruksikan para camat agar dapat terus berkoordinasi dengan perusahan-perusahaan yang berada di dalam wilayahnya guna mencegah tebentuknya klaster-klaster baru penyebaran COVID-19.

Sementara itu, Kapolres Muara Enim yang diwakili Kabag OPS Polres Muara Enim Kompol Willian Harbensyah mengajak para camat, kades dan lurah termasuk seluruh lapisan elemen masyarakat untuk sama-sama mengawasi lingkungan masing-masing terkait penerapan protokol kesehatan 5M.

“Jika melihat masyarakat yang tidak menaati prokes, tolong sama-sama diingatkan sehingga rantai penyebaran COVID-19 bisa diputus,” terang Willian.

Turut hadir dalam rapat evaluasi, Forkopimda Kabupaten Muara Enim, para kepala Perangkat Daerah di antaranya Kadis Kesehatan, Kadis Kominfo, Kadis Perdagangan, Kadis Koperasi dan UKM, Kepala BPBD, Camat Muara Enim, Camat Lawang Kidul serta Direktur RSUD HM Rabbain Muara Enim dan hadir secara virtual Camat se-Kabupaten Muara Enim termasuk juga para Kepala Puskesmas