Pemkab Muara Enim Ikuti Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik 2021

Muara Enim - Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Nasrun Umar didampingi Pj Sekretaris Daerah Emran Tabrani, serta Asisten III Bidang Administrasi Umum Mariyana mengikuti Kegiatan Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik Tahun 2021 melalui virtual meeting dari ruang rapat bupati, Selasa (10/8).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) ini juga diikuti oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Muara Enim dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Muara Enim selaku pelaku layanan.

"Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Tim Evaluator dari Kemenpan RB yang telah melakukan evaluasi pelayanan publik di Kabupaten Muara Enim untuk yang ketiga kalinya sejak tahun 2018 hingga 2020, karena menurut saya dengan evaluasi ini otomatis berdampak pada peningkatan pelayanan publik yang akan diberikan oleh pelaku layanan kepada masyarakat, ini tentu baik sekali," kata Nasrun Umar di awal sambutannya.

"Sebagaimana kita ketahui bahwa Indeks Pelayanan Publik (IPP) Kabupaten Muara Enim secara berturut-turut dari tahun 2018 hingga 2019 mengalami kenaikan sebesar 0,43 sedangkan pada tahun 2019 hingga 2020 sebesar 0,02 dari dua unit pelayanan publik (DPMPTSP) dan Disdukcapil Muara Enim, dan itu kenaikannya tidak signifikan," lanjutnya.

"Untuk itu diharapkan tahun ke depan, apalagi sudah dievaluasi oleh Tim Evaluator Kemenpan RB yang tentu diiringi dengan masukan-masukan yang dapat meningkatkan kualitas pelayana publik. Maka, harapannya adalah IPP tersebut dapat mengalami kenaikan dari tahun-tahun sebelumnya dan tentu besaran nilai kenaikannya harus signifikan karena IPP tersebutlah yang menggambarkan kualitas pelayanan publik yang kita berikan kepada masyarakat selaku penerima pelayanan," terang Nasrun Umar.

Adapun anggota Tim  Evaluator dari Kemenpan RB pada evaluasi kali ini yaitu Taufik Hidayanto Setiawan dan Nanang Khoirudin.