Wali Kota Tomohon Ikuti Peluncuran Sistem OSS Berbasis Risiko

Tomohon - Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk mengikuti secara virtual peluncuran sistem Online Single Submission (OSS) berbasis risiko oleh Presiden Joko Widodo di Command Center Mal Pelayanan Publik, Senin (9/8).

Presiden Jokowi, dalam arahannya mengatakan pandemi COVID-19 tidak boleh menghentikan upaya kita untuk melakukan reformasi struktural. Berbagai agenda reformasi struktural terus akan dilanjutkan.

"Aturan yang menghambat kemudahan akan terus kita pangkas. Prosedur berusaha dan investasi juga akan terus kita permudah karena kita ingin iklim usaha di negara ini berubah makin kondusif untuk memudahkan usaha mikro usaha kecil menengah (UMKM) memulai usaha dan meningkatkan kepercayaan investor untuk membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya, sehingga menjadi solusi atas persoalan pengangguran yang bertambah akibat dampak pandemi COVID-19," ujar Jokowi.

"Saya perintahkan kepada menteri dan kepala lembaga serta para gubernur, bupati dan walikota agar disiplin mengikuti kemudahan dalam OSS ini. Saya akan cek dan awasi langsung implementasi di lapangan seperti apakah persyaratannya semakin mudah, apakah jumlah izin semakin berkurang, apakah prosesnya semakin sederhana, apakah biayanya semakin efisien, apakah standarnya selama di seluruh Indonesia dan juga apakah pelayanannya semakin cepat," lanjut Kepala Negara.

"Ini yang akan saya ikuti kalau ini bisa kita laksanakan. Saya yakin investasi kita akan semakin meningkat," pungkasnya.

Dalam kegiatan ini, Wali Kota Tomohon didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan dan Kadis Kominfo.