Wali Kota Palembang Lantik Ketua Baznas 2021-2026

Palembang - Wali Kota Palembang Harnojoyo melantik Ketua Baznas Kota Palembang periode 2021-2026 Ridwan yang menggantikan Saim Marhadan yang telah habis masa jabatannya.

Pelantikan ini juga dihadiri langsung oleh Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda yang berlangsung di rumah dinas wali kota, Kamis (12/8).

Ketua Baznas Kota Palembang Ridwan mengatakan akan meningkatkan lagi peran Baznas di tengah masyarakat dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berzakat.

"Tugas ini berat tapi kami mengharapkan agar kerja kedepan Baznas lebih baik lagi. Karena itu butuh dukungan dari segala pihak mulai dari masyarakat, pemerintah, tokoh agama untuk dapat meningkatkan potensi zakat yang sangat besar ini," ujar dia.

Ridwan menambahkan, saat ini zakat untuk ASN sudah berjalan akan tetapi tantangan besar yakni bagaimana kesadaran masyarakat untuk menunaikan zakat.

"Bagaimana kita melihat potensi besar ini untuk mengedukasi, mengajak masyarakat.  Mudah-mudahan manfaat zakat bisa dirasakan langsung  masyarakat," jelas dia.

Oleh karena itu, tambahnya, alah satu upaya Baznas Kota Palembang untuk memaksimalkan potensi zakat ini yakni dengan cara sosialisasikan terlebih dahulu kepada masyarakat.

"Sosialisasi ini bisa kerjasama dengan BUMN, BUMD atau pengusaha. Dan tentu yang sudah jalan yakni unit pengumpulan zakat di tiap masjid akan kita maskimalkan lagi," tegas dia.

Sementara itu, Wali Kota Palembang Harnojoyo meminta agar kepengurusan baru ini dapat membawa Baznas setempat lebih baik lagi.

"Pegawai ASN dan Non ASN sudah lakukan zakat dan potensi Rp4- Rp5 miliar dan potensi penghasilan Rp1,2 triliun. Dan ini sangat besar sekali, kami berharap peran Baznas ini dapat lebih maksimal. Jangan seperti berlian dalam lumpur tak ada gunanya. Kalau dia keluar kan banyak yang melihat, banyak yang pakai," jelas dia.

Untuk itu, dirinya menaruh harapan besar kepada Baznas agar dapat menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Palembang.