Pj Bupati Sampaikan Orasi Ilmiah di Wisuda YPS Muara Enim

Muara Enim - Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Nasrun Umar membawakan orasi ilmiah saat menghadiri wisuda program sarjana Yayasan Perguruan Serasan (YPS) Muara Enim di gedung kesenian Putri Dayang Rindu, Kamis (12/8).

Nasrun Umar membawakan orasi ilmiah berjudul ”Membangkitkan Kembali Semangat Serasan Sekundang untuk Mewujudkan Muara Enim yang Sehat, Mandiri dan Sejahtera.”

Di depan ratusan wisudawan Sekolah Tinggi Ilmu Teknik Serasan ke-19, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Serasan ke-22 dan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Serasan ke-20 Yayasan Peguruan Tinggi Serasan Muara Enim Tahun 2021, serta segenap Civitas Akademikanya, Nasrun menyampaikan bahwa situasi pandemi ini memberi pelajaran bagi kita semua untuk tetap tenang namun senantiasa waspada sekaligus tetap optimistis mengarungi badai COVID-19 ini.

“Yakinlah, badai pasti berlalu. Inilah momen bagi kita untuk bangkit kembali, dengan potensi dan sumberdaya yang tersedia bersama-sama menggairahkan kembali semangat Serasan Sekundang guna mewujudkan Muara Enim yang sehat, mandiri, dan sejahtera yang mana adik-adik yang hari ini diwisuda yang harus mengambil peran penting dalam mewujudkan itu semua,” kata HNU.

Kemudian, Nasrun Umar melantunkan satu bait lagu kebangsaan Indonesia Raya, yaitu Hiduplah Tanahku, Hiduplah Negeriku, Bangsaku Rakyatku Semuanya, Bangunlah Jiwanya, Bangunlah Badannya untuk Indonesia Raya. Untuk “menghidupkan” tanah, negeri, bangsa, rakyat Indonesia, makan ujar Nasrun, urutan utamanya adalah membangun jiwa dan kemudian membangun badan.

"Saya yakin Sekolah-sekolah Tinggi yang dikelola Yayasan Perguruan Serasan Muara Ennim adalah wadah kita bersama membangun jiwa, mencetak sarjana yang berkualitas, jujur, berdedikasi, serta berdaya saing dan menunjang pembangunan daerah maupun nasional, yang diwujudkan dalam bentuk kompetensi lulusan secara ethics, leadership, dan entrepreneurship,” ujarnya.

Dirinya juga berpesan kepada wisudawan dan wisudawati, dengan bekal ilmu pengetahuan yang dimiliki, kita tentu saja berpeluang lebih besar untuk menjadi pemimpin yang akan mempengaruhi hidup lebih banyak orang.

"Kita berpeluang lebih besar dan karenanya bertanggung jawab lebih besar untuk mendorong kehidupan masyarakat luas menjadi lebih baik," ujarnya.

"Mari sama-sama berikhtiar sesuai dengan kemampuan kita, ikut menjadi bagian dalam menyusun bata-bata bangunan Kabupaten Muara Enim yang sehat, mandiri dan sejahtera, membangun badan masa depan Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan dan Indonesia yang lebih baik, lebih adil bagi seluruh rakyat Indonesia. Same maksud kite serasan, same langkah kite sekundang," tutupnya.

Dalam kegiatan tersebut pula diselenggarakan penandatanganan kerjasama antara YPS Muara Enim dengan Pemkab Muara Enim.