Mendikbudristek: Guru Penggerak Pemimpin Merdeka Belajar

Muara Enim - Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Emran Thabrani didampingi jajarannya menghadiri pembukaan Pendidikan Guru Penggerak Tahun 2021 Angkatan III yang digelar Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemdikbudristek) secara virtual di Ruang Sekda, Kamis (12/8).

Mendikbudristek Nadiem Makarim, dalam sambutannya mengatakan Guru Penggerak diharapkan menjadi pemimpin pembelajaran yang menerapkan Merdeka Belajar dalam menggerakkan seluruh ekosistem pendidikan di daerah.

Kemudian, Nadiem menambahkan bahwa dalam program Merdeka Belajar, para Guru Penggerak diharapkan terus belajar dan berkembang, serta berani memimpin perubahan menuju kearah pembelajaran yang lebih baik.

Nadiem menjelaskan, untuk angkatan ketiga ini, sebanyak 2.810 orang yang dinyatakan lolos seleksi dari total pendaftar lebih dari 20.000 orang,

"Sungguh seleksi yang sangat ketat," ungkap Nadiem.

Oleh karena itu, Nadiem berharap peserta dapat menggunakan kesempatan mengikuti pendidikan Guru Penggerak sebaik mungkin.

"Selama sembilan bulan kedepan berbagai macam tantangan yang akan dihadapi, para calon guru penggerak harus mampu mengubah tantangan menjadi sebuah kesempatan," pungkas Nadiem didampingi Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Iwan Syahril.