Pj Bupati Muara Enim Pimpin Renungan Suci di TMP Ksatria Pertiwi

Muara Enim - Pj Bupati Muara Enim Nasrun Umar bersama Forkopimda dan Penjabat Sekretaris Daerah Emran Tabrani melaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Ksatria Pertiwi, Komplek Rumah Tumbuh Muara Enim, Selasa (17/8) dini hari WIB.

Pada AKRS ini, Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Erwin Iswari bertindak langsung sebagai inspektur upacara dalam kegiatan yang digelar sebagai bentuk penghormatan atas jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan juga memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

Tepat pada pukul 00.00 WIB, suasana pun langsung hening seketika semua penerangan dipadamkan, kemudian obor dan lilin pun dinyalakan oleh anggota Pramuka yang menjadikan suasana semakin khidmat.

Prosesi Upacara diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, kemudian dilanjutkan pembacaan naskah apel kehormatan dan renungan suci oleh inspektur upacara, setelah itu mengheningkan cipta dan ditutup dengan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan. Kegiatan Apel ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

Pj Bupati Muara Enim Nasrun Umar ditemui usai acara menyampaikan, pada peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI tahun 2021 akan menjadi catatan sejarah yang tidak akan pernah terlupakan oleh kita semua, karena kita menggelarnya di tengah pandemi COVID-19.

Nasrun menyebutkan, peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI ini bukan hanya kegiatan ritual semata, tetapi sebagai bahan renungan atas jasa para pahlawan bangsa Indonesia, dan seluruh elemen bangsa yang saat ini berjuang melawan pandemi COVID-19, khususnya di Muara Enim.

"Saya yakin, kita bisa mengisi kemerdekaan ini dengan kerja dan karya nyata dalam melawan pandemi COVID-19, karena ini merupakan tanggung jawab bersama," pungkasnya.