Wali Kota Tomohon: Ingin Sukses Harus Berani Memulai

Tomohon - Wali Kota Tomohon, Sulawesi Utara, Caroll JA Senduk pada 'Roadshow Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital' di Kota Tomohon mengatakan, untuk meraih sukses harus berani memulai.

"Startup Digital adalah sekumpulan individu yang membentuk organisasi sebagai perusahaan rintisan yang menghasilkan produk dalam bidang teknologi," sebut Wali Kota Caroll di Tomohon, Sabtu (21/8).

'Startup Digital' menurut dia, penting karena mewakili cara pemilik bisnis untuk menguji sebuah ide bisnis di pasar.

"Bisnis yang bertahan memberi stabilitas ekonomi bagi pemilik dan keluarganya. Startup Digital berpotensi untuk ekspansi, meningkatkan produktivitas dalam ilmu pengetahuan dan kewirausahaan, kesempatan untuk mengembangkan inovasi," ujarnya.

Industri Startup di Indonesia sedang mengalami masa keemasannya dan 'Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital' sebagai salah satu wujud nyata kebutuhan pendampingan dan pemberdayaan untuk menjawab tantangan dunia digital ke depannya.

Wali Kota memberikan apresiasi kepada Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang telah menunjuk Kota Tomohon sebagai bagian dari roadshow 'Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital'.

Ini menurut Wali Kota, merupakan bentuk pengakuan dan kepercayaan sekaligus tanggung jawab yang harus dilaksanakan oleh pemerintah daerah menciptakan sumber daya manusia hebat menuju Kota Tomohon yang maju dan sejahtera.

"Saya yakin melalui kegiatan ini akan menciptakan peluang-peluang konstruktif, inovatif serta kreatifitas masyarakat dari berbagai generasi sehingga Kota Tomohon  menjadi lebih maju hebat dan sejahtera," katanya.

Melalui kegiatan ini kami berharap ada ide- ide kreatif yang akhirnya akan menjadi sebuah startup digital.

"Di Tomohon sudah ada “Prezko” yang beberapa hari lalu diresmikan. Hal ini juga adalah bagian dari visi-nisi kami mewujudkan Tomohon Smart City," ujarnya.

Sarana penunjang, sebut Wali Kota, sementara dirampungkan di mana jaringan nirkabel di setiap kelurahan ditargetkan rampung pada akhir 2021.

Selanjutnya, pada 2022 akan mulai menjangkau setiap lingkungan sehingga semua lapisan masyarakat dapat menikmati teknologi dan menciptakan startup lewat fasilitas ini.