Pemkot Pekalongan Fokus Pemulihan Sektor Ekonomi

Kota Pekalongan - Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan fokus menyusun sejumlah strategi dalam pemulihan sektor ekonomi di masa PPKM Level 2.

Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid mengungkapkan bahwa selama awal kebijakan PPKM, 80 persen sektor ekonomi merasakan dampaknya akibat adanya sejumlah pembatasan, salah satunya omzet usaha yang turun secara signifikan.

Aaf, sapaan akrabnya mengaku bersyukur dari sektor kesehatan masyarakat Kota Pekalongan sejauh ini sudah mulai kondusif dengan adanya penurunan kasus COVID-19 maupun penurunan level status PPKM.

“Kita pertahankan ritme kita, walapun semua sektor sudah diperbolehkan buka, terutama dari sektor kesehatan sudah kita genjot dan diperketat yang berdampak kepada sektor ekonomi. Alhamdulillah sektor kesehatan sudah semakin kondusif hasilnya, sudah turun ke level 2. Ini saatnya kita genjot lagi sektor ekonomi supaya perekonomian di Kota Pekalongan tumbuh kembali,” terang Aaf di Pekalongan, Selasa (31/8).

Dijelaskan Aaf, sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri), saat ini Kota Pekalongan turun level dari yang semula level 3 menjadi level 2 dan masuk dalam kategori zona kuning. Sejumlah aktivitas kegiatan masyarakat, salah satunya sektor usaha pun sudah diperbolehkan buka dan diberlakukan beberapa kelonggaran dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Menurutnya, pencapaian turun level ini jangan sampai membuat masyarakat terlena dan pemantauan harus tetap dilakukan, tidak dari pemerintah saja, melainkan juga dari seluruh elemen masyarakat. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi tren lonjakan kasus COVID-19 baru kembali di Kota Pekalongan.

“Ini salah satu bentuk usaha pemerintah dalam rangka meningkatkan sektor ekonomi, termasuk melalui pelatihan-pelatihan skill dan keterampilan kerja kepada pelaku usaha dan masyarakat umum seperti pelatihan digital marketing, pelatihan di bidang perkopian, pelatihan angkatan kerja di UPTD BLK Kota Pekalongan,dan lain sebagainya. Hal ini semua upaya Pemkot Pekalongan setelah sebelumnya betul-betul fokus ke sektor kesehatan, saat ini kita akan fokus ke pemulihan sektor ekonomi di Kota Pekalongan,” pungkasnya.