Menpora, Panglima TNI, Kapolri Cek Kesiapan PON Papua di Jayapura

Sentani - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendampingi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali melakukan kunjungan kerja (kunker) di Jayapura untuk memastikan persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua berjalan lancar menjelang pelaksanaannya yang akan digelar mulai 2 Oktober mendatang

Bersama rombongan, Menpora Zainudin Amali beserta Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau venue-venue PON XX Papua Tahun 2021 yang ada di dua klaster yakni, Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.

Selain memastikan kesiapan PON XX berjalan lancar dengan memastikan fasilitas venue-venue PON, Menpora bersama Panglima TNI dan Kapolri juga memastikan masyarakat Papua yang telah tervaksin jelang pelaksanaan PON XX Papua 2021.

Dalam kunker tersebut, Menpora yang didampingi Panglima TNI dan Kapolri juga memantau kegiatan vaksinasi yang digelar oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jayapura, yang berlangsung di SD Lentera, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.

Kunker tersebut mendapat apresiasi yang tinggi dari Pemda Kabupaten Jayapura dalam hal ini Dinas Kesehatan melalui Kepala Dinas Kesehatan Khairul Lie. Pada kesempatan itu, Khairul Lie memberi apresiasi dan sangat berterima kasih kepada Pemerintah Pusat yang telah memberikan perhatian serius kepada Papua, khususnya Kabupaten Jayapura dalam memerangi COVID-19.

"Tentunya kami memberikan apresiasi, karena pada kunker ini Menpora, Panglima dan Kapolri bisa sempatkan diri untuk memantau kegiatan gebyar vaksinasi ini. Yang mana, kehadiran mereka ini merupakan bentuk perhatian serius dari Pemerintah Pusat kepada kami jelang pelaksanaan PON XX," ucap Khairul Lie saat dikonfirmasi wartawan usai kegiatan kunker tersebut, Jumat (27/8).

Jelang pelaksanaan PON XX, kata Khairul, pihaknya telah menargetkan, bahwa masyarakat yang berada di sekitar venue-venue sudah harus tervaksin. Sehingga kali ini pihaknya melakukan gebyar vaksinasi kepada masyarakat yang ada di Kampung harapan, Distrik Sentani Timur, yang berada di sekitar Stadion Lukas Enembe.

"Ada beberapa venue lainnya yang sudah kami lakukan vaksinasi. Namun yang lebih kami fokuskan itu di sini, karena ada Stadion Lukas Enembe. Karena, nantinya stadion ini akan menjadi tempat pembukaan maupun penutupan pelaksanaan PON XX. Yang mana, nantinya akan dibuka secara langsung oleh Presiden Jokowi, sehingga kegiatan hari ini merupakan bagian dari target kami jelang PON," ujarnya.

Jelang event olahraga terakbar empat tahunan ini, Khairul mengaku, pihaknya menargetkan sebanyak 70 persen masyarakat sudah tervaksin COVID-19. Sehingga, pihaknya terus rutin melakukan vaksinasi di beberapa tempat yang menjadi target pihaknya.

"Perhatian pemerintah terhadap kami terkait vaksinasi ini, cukup serius. Sehingga vaksin kita cukup banyak, bahkan kami pun bingung untuk menghabiskannya. Sehingga kami terus melakukan vaksinasi kepada masyarakat di tempat-tempat tertentu yaitu, seperti seputaran venue-venue, yang mana kami juga mengejar target kami jelang PON," ungkapnya.

Untuk itu, dirinya berharap sebelum pelaksanaan PON XX dimulai target dari pihaknya itu sudah terwujud. Supaya pelaksanaan PON bisa berjalan dengan baik atau bebas COVID-19.

"Oleh karena itu, saya juuga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bisa mengikuti vaksinasi COVID-19 demi mensukseskan PON XX," pungkasnya.