Diskominfo Kota Pekalongan Terus Lakukan Inovasi Aplikasi dan Jaringan

Kota Pekalongan – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pekalongan mengakomodir kebutuhan jaringan dan akses internet serta penanganan gangguan jaringan dan internet pada organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot setempat.

Kepala Diskominfo Yos Rosyidi melalui Kasi Infrastruktur Jaringan Drika Sulistyo Wibowo menyampaikan, fungsi dan layanan Diskominfo dari sisi penggunaan digunakan untuk internal Pemkot Pekalongan yang secara langsung berdampak bagi masyarakat. Salah satunya, Diskominfo bekerjasama dengan PT Telkom memberikan akses wifi gratis kepada masyarakat yang tersebar di 27 titik tiap wilayah kelurahan dengan jangkauan radius 50 meter.

“Secara tidak langsung fungsi infrastruktur jaringan turut mendukung. Kami utamakan untuk layanan jaringan di OPD, kelurahan, kecamatan, puskesmas hingga sekolah,” ungkap Drika, Kamis (2/9).

Lanjutnya, pemeliharaan jaringan dan infrastruktur dilakukan secara berkala. Tim jaringan melakukan monitoring dan kunjungan ke OPD jika ditemukan kerusakan.

“Prinsipnya ketika kami memiliki client pengguna layanan maka kami on call setiap hari,” katanya.

Terkait antisipasi jaringan down, ia mengatakan, Diskominfo memiliki dua jenis infrastruktur jaringan yakni fiber optic dan radio wireless. Dua model ini saling melengkapi (mem-backup), sehingga jika salah satu jaringan terputus maka jaringan lain melengkapi.

“Sehingga, kendala jaringan down ini minim sekali,” kata Drika.

Tidak hanya itu, tambah dia, dalam memberikan layanan prima, saat ini Diskominfo tengah mengembangkan aplikasi SIMPATIK. Aplikasi ini berfungsi untuk memudahkan OPD dalam memberikan layanan kepada masyarakat terkait administrasi kependudukan agar layanan publik lebih efisien, efektif, dan mempersingkat administrasi dan waktu.

Ditambahkan Kasi Aplikasi dan Layanan PBE, Rakhmawati, Diskominfo menjadi salah satu instansi yang membantu OPD dalam mengimplementasikan inovasi layanan publik dalam bentuk pengembangan aplikasi dan maintenance pusat data.

“IT ini selalu berkembang dan sifatnya mendukung/enabler dari suatu program kerja, inovasi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat. Sebab layanan tersebut butuh cepat, efektif, dan efisien serta bisa diakses oleh masyarakat dimanapun,” pungkasnya.