Diskominfo Batang Gelar Bimtek Jurnalistik Bagi KIM dan Bakohumas

Batang – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Jurnalistik secara virtual kepada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan personel Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) Kabupaten Batang di Ruang Analitik Diskominfo, Kamis (2/9).

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Batang Puji Setiyowati mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang penulisan berita/jurnalistik bagi anggota KIM dan Bakohumas, sehingga dapat lebih berkontribusi dan berperan aktif dalam membantu penyebarluasan informasi kepada masyarakat.

“Mungkin selama ini KIM dan Bakohumas belum terlalu berperan aktif untuk Pemerintah Kabupaten Batang dalam hal memberikan informasi, jadi dengan adanya kegiatan ini diharapkan ke depan akan lebih berkontribusi lagi,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, melalui Bimtek Jurnalistik nantinya anggota KIM dan Bakohumas akan diajarkan bagaimana caranya membuat sebuah karya jurnalistik baik itu berita maupun foto yang baik dan benar, agar lebih bisa dipahami oleh masyarakat yang membacanya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kabupaten Batang Triossy Juniarto menjelaskan, tujuan lain dari kegiatan ini juga untuk mem-branding Kabupaten Batang baik itu potensi lokal maupun kegiatan-kegiatan yang menarik pembaca, meningkatkan skill anggota di bidang jurnalistik, serta mengantisipasi munculnya berita 'hoaks' di masyarakat.

“Kepada rekan-rekan KIM dan Bakohumas, ayo kita bersama-bersama belajar penulisan jurnalistik untuk mempublikasikan potensi yang ada di tingkat desa bahkan kecamatan,” tegasnya.

Dalam Bimtek Jurnalistik ini menghadirkan narasumber yaitu Ahmad Syaefudin selaku wartawan senior dari Radar Pekalongan dan diikuti oleh 78 KIM dan 39 personel Bakohumas Kabupaten Batang.