Pemkab Muara Enim dan KPKNL Lahat Koordinasi Lelang BMD

Muara Enim - Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Emran Tabrani melakukan koordinasi dan konsolidasi ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Dan Lelang (KPKNL) Lahat, Rabu (1/9). Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Kepala KPKNL Lahat M. Umar.

Emran mengatakan bahwa koordinasi dan konsolidasi tersebut terkait dengan rencana Pemkab Muara Enim melakukan lelang barang milik daerah (BMD) berupa kendaraan dinas roda empat, roda dua, termasuk peralatan kantor yang akan dilaksanakan oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Muara Enim melalui KPKNL Lahat secara online melalui aplikasi lelang.go.id milik Kementerian Keuangan.

Selanjutnya, Emran menjelaskan bahwa dalam ketentuan proses lelang nantinya dapat diikuti oleh siapapun dan terbuka untuk umum dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

"Diharapkan dengan pelaksanaan lelang secara online ini akan dapat menghasilkan pokok lelang yang cukup tinggi untuk menambah peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD)," ujarnya.

Sementara itu, kepala KPKNL Lahat mengatakan, penjualan melalui lelang selain dapat meningkatkan PAD, juga mempunyai kepastian hukum, memenuhi asas transparansi dan akuntabel terhadap BMD.

“Lelang online kelebihannya adalah objektif, karena dilaksanakan di muka umum yang hak dan kewajiban diantara peserta lelang sama dan kompetitif karena memiliki cara penawaran yang khas sehingga tercipta kompetisi maupun harga yang optimal," pungkasnya