4 Ribu Vaksin COVID-19 Moderna untuk Masyarakat Palembang

Palembang - Masyarakat umum di Kota Palembang sudah bisa mendapatkan vaksinasi moderna di sejumlah rumah sakit dan fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) dengan hanya membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau menunjukkan surat domisili jika data diri berasal dari luar kota.

"Selain booster bagi nakes, masyarakat sudah bisa vaksinasi moderna untuk yang belum vaksin dosis 1 dan dosis 2," ujar Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang Mirza Susanty, Kamis (2/9).

Jatah vaksin moderna yang diterima Dinkes Palembang sebanyak 4.825 dosis dengan sebagian dosis masih tersimpan di gudang farmasi dan selebihnya telah tersebar di beberapa rumah sakit dan sejumlah puskesmas di tiap kecamatan/kelurahan.

"Ada 4 ribuan dosis moderna untuk warga Palembang, vaksinasi masih dilakukan masal tergantung stok. Rumah Sakit Charitas, Gandus dan BARI menerima vaksinasi moderna," kata dia.

Sejauh ini, antusias masyarakat vaksinasi moderna lebih tinggi ketimbang vaksinasi Sinovac. Sebab berdasarkan hasil penelitian ilmiah, tingkat kekebalan yang ditimbulkan pascasuntikan vaksin merek moderna berada pada kekebalan atau imunitas tubuh hingga 95 persen.

"Dibandingkan dengan vaksin COVID-19 lainnya, Moderna sedikit lebih baik untuk mencegah penularan virus corona," timpalnya.

Sebelumnya, vaksinasi masal moderna telah dilakukan di Rumah Sakit Pusat (RSUP) Mohammad Hoesin Palembang, dengan pendaftaran online melalui website http://app.rsmh.co.id/vaksin/ dan dilakukan bertahap serta per kuota.

"Sudah dari dua hari kemarin kami melayani vaksinasi moderna umum untuk nakes dan masyarakat. Ada 1.200 dosis kita sediakan," tambah Humas RSUP Mohammad Hoesin Palembang Suhaimi.