Ratusan Pelajar Batang Dapat Bonus Buah Segar Pascavaksinasi

Batang - Ratusan pelajar SMP mendapatkan bonus buah segar pasca divaksinasi COVID-19, di gedung PSC 119, Dinas Kesehatan, Kabupaten Batang, Sabtu (4/9).

Buah-buahan segar memang sengaja disiapkan pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) bagi penerima vaksin, sekaligus sebagai motivasi para pelajar memahami Gerakan Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat (GERMAS), dengan membiasakan untuk mengonsumsi buah setiap hari.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Didiet Wisnuhardanto mengatakan, setiap pelajar memperoleh buah dan obat paracetamol.

“Pemberian buah khusus hari ini karena bertepatan dengan sosialisasi GERMAS untuk para pelajar. Kalau besok ya belum tahu, karena belum diprogramkan lagi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Dinkes Batang Utariyah Budiastuti menambahkan, vaksinasi untuk pelajar SMP sudah sesuai rekomendasi dari Kementerian Kesehatan RI. Maka dapat dipastikan pemberian vaksin Sinovac aman bagi mereka.

“Para pelajar yang akan divaksinasi tentunya harus lolos skrining terlebih dahulu. Dengan diberikannya vaksinasi ini tentu akan membentuk daya tahan tubuh lebih kuat, sehingga akan terhindar dari serangan virus Corona,” jelasnya.

Ia menegaskan, apabila ada yang terkena virus tersebut, gejala yang akan timbul pun tidak terlalu parah.

Pihak Dinkes pun memanfaatkan momentum tersebut untuk mengkampanyekan GERMAS langsung kepada pelajar.

“Kalau dikasih buah itu kan bagian dari kegiatan GERMAS, yaitu memperkenalkan buah agar selalu dikonsumsi anak, karena mengandung banyak vitamin yang baik dalam masa pertumbuhan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pelajar juga diberikan obat paracetamol, yang dapat diberikan jika terjadi efek samping pascavaksinasi atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

“Paracetamol bisa diberikan bila timbul demam, pusing atau nyeri setelah disuntik vaksin,” pungkasnya.