Pemkab Manggarai Barat Mulai Vaksinasi Ibu Hamil dan Menyusui

Labuan Bajo -  Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat mulai menggelar vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil dan menyusui di Lapangan SD Inpres Waemata, Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Senin (6/9).

"Vaksinasi dilakukan bagi ibu hamil dengan usia kehamilan minimal 13 minggu," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Manggarai Barat Paskalina Kusumawati di Labuan Bajo, Komodo.

Dia menjelaskan, selain usia kehamilan, syarat vaksinasi bagi ibu hamil yang sebelumnya terinfeksi COVID-19 harus sudah sembuh terhitung 90 hari.

Dia menekankan bahwa vaksin yang diberikan aman bagi para ibu hamil dan menyusui. Oleh karena itu, mereka tidak boleh khawatir dan menolak vaksinasi.

Paskalina menjelaskan vaksinasi bagi ibu hamil tersebut menggunakan vaksin Sinovac. Target vaksinasi hari pertama ini sebanyak 200 dosis dengan jumlah vaksinator sebanyak 8 orang.

Dia merinci jumlah ibu hamil di Manggarai Barat mencapai angka 5.000 jiwa. Namun, vaksinasi hanya bisa diberikan bagi ibu hamil yang memenuhi kriteria.

Nantinya layanan vaksinasi bagi ibu hamil dan menyusui juga bisa didapat di puskesmas yang tersebar di Manggarai Barat.

"Ibu hamil dan menyusui tidak boleh takut. Vaksin itu aman," pesan dia.