Bupati Mabar Tandatangani MoU Pengembangan Pariwisata DPSP Labuan Bajo

Labuan Bajo -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat (Mabar) menandatangani nota kesepahaman (MoU) Pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Penandatangan nota kesepahaman tersebut bertujuan untuk mengembangkan pariwisata Labuan Bajo dengan prinsip lingkungan, budaya, kearifan lokal, dan berkeadilan," kata Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi di Labuan Bajo, Senin (6/9).

Dia mengatakan, penandatangan dilakukan bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Keuskupan Ruteng tentang pembangunan kepariwisataan dan ekonomi kreatif di Labuan Bajo.

Bupati Edi menyampaikan penandatanganan tersebut sangat baik untuk mendukung pembangunan pariwisata di Labuan Bajo.

Selain itu, nota kesepahaman digunakan untuk mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan dalam kesepakatan tersebut.

Nota kesepahaman juga sebagai bentuk kontrol bagi para pihak dalam menjalankan pembangunan sesuai kaidah yang tertera dalam kesepakatan itu.

Bupati Edi menekankan bahwa pembangunan pariwisata di Manggarai Barat merupakan konsep pembangunan ekologis dengan pembangunan berkelanjutan dan berbasis lingkungan.

Dia menyebut nota kesepahaman tersebut berlaku lima tahun dan akan ditindaklanjuti melalui perjanjian kerja sama di masing-masing dirjen atau deputi.

Namun, jangka waktu nota kesepahaman tersebut bergantung pada kesepakatan para pihak jika tidak sesuai lagi dengan tujuan pembangunan pariwisata tersebut.