Wali Kota Pekalongan Lantik 42 Pejabat Administrator

Kota Pekalongan - Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid melantik dan mengambil sumpah jabatan 42 pejabat administrator (eselon III) di lingkungan Pemkot Pekalongan, Selasa (7/9) malam.

Pejabat administrator yang dilantik tersebut diantaranya menduduki jabatan Camat, Kepala Kantor, Kepala Bagian pada Sekretariat Daerah, Sekretaris pada Dinas, Kepala Bagian RSUD Bendan, Kepala Bidang pada Dinas dan Sekretaris Kecamatan (Sekcam).

Usai melantik,Wali Kota Pekalongan yang akrab disapa Aaf mengungkapkan bahwa ada sebanyak 42 orang pejabat administrator yang dilantik tahap pertama pada malam ini. Menurutnya,pelantikan ini dilakukan sebagai bentuk penyegaran dan mengisi sejumlah kekosongan jabatan yang ada di lingkup Pemerintah Kota Pekalongan. Pasalnya,kekosongan jabatan ini diakibatkan banyak ASN Pemerintah Kota Pekalongan yang telah purnatugas(pensiun) dan wafat.

"Kegiatan malam ini adalah pelantikan para pejabat administrator di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan ada 42 orang untuk tahap pertama yang dilantik. Dimana, di Pemkot Pekalongan sendiri masih banyak baik itu Dinas,Kecamatan dan Kelurahan yang selama ini berjalan kurang optimal karena beberapa faktor yakni salah satunya kekosongan jabatan itu sendiri. Kekosongan jabatan ini karena banyak pegawai yang pensiun dan meninggal dunia," tutur Aaf.

Aaf berharap dengan pelantikan ini bisa meningkatkan kinerja dan semangat etos kerja para pejabat yang sudah dilantik dalam rangka pemaksimalan di masing-masing OPD dan membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Disampaikan Aaf, masih banyak pekerjaan rumah (PR) di Kota Pekalongan baik itu permasalahan banjir dan rob, landsubsidence (penurunan muka tanah) akibat eksploitasi pengambilan air bawah tanah yang masif, pembangunan Pasar Banjarsari,masalah sampah dan limbah,serta penanganan pandemi COVID-19 yang masih menjadi perhatian bersama.

"Mudah-mudahan pelantikan ini bisa menjadi spirit baru dan barokah bagi kita semua. Permasalahan-permasalahan Kota Pekalongan tidak bisa diselesaikan oleh pemerintah saja,melainkan kita harus bersinergi bersama antar stakeholder dan unsur masyarakat lainnya. Ayo Noto bareng, Kerja bareng, Satukan tekad bersama untuk Kota Pekalongan tercinta dan masyarakat. Semoga amanah jabatan baru ini menjadikan komitmen bersama dan semangat baru dalam melayani masyarakat ke arah yang lebih baik lagi," pungkasnya.

Pelantikan ini juga disaksikan secara langsung oleh Ketua DPRD Kota Pekalongan Mohamad Azmi Basyir, Sekretaris Daerah,para asisten sekda, kepala BKPPD Kota Pekalongan dan sejumlah kepala OPD lainnya berlangsung di Ruang Amarta Setda.