Gibran Hadiri Audiensi Dudika di SMKN 2 Surakarta

Solo – Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menghadiri Audiensi Konsorsium Dunia Usaha, Industri dan Dunia Kerja (Dudika) di SMKN 2 Surakarta, Kamis (9/9).

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI Wikan Sakarinto, kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, perwakilan perusahaan yang tergabung dalam konsorsium dan kepala sekolah SMKN 2, 5, 6 Surakarta.

Pada kesempatan ini, Gibran mengapresiasi berdirinya ruang laboratorium multimedia yang merupakan bantuan bakti sosial dari perusahaan Sinarmas dan Astra.

“Bapak, Ibu, saya berterima kasih atas bantuannya, ini sudah jadi yang di SMK 2, SMK 5, SMK 6. Ini butuh uluran tangan, kerja sama dan sentuhan dari industri, terima kasih atas bantuannya untuk pendidikan di Kota Solo,” ujarnya.

Selain itu, Gibran menyampaikan memadainya sisi infrastruktur harus diimbangi dengan faktor sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni pula.

“Tentu semuanya juga harus diimbangi dengan peningkatan skill SDMnya,” tambahnya.

Usai audiensi, Gibran beserta rombongan melakukan peninjauan di laboratorium multimedia di kawasan SMKN 2.

Beliau berharap SMK yang lain juga mulai diperhatikan dan siswa-siswi SMK kelak bisa memenuhi permintaan dunia usaha dan dunia industri.

“Harapannya SMK-SMK lain disentuh juga. Kami tidak ingin SMK jadi pabrik pencetak pengangguran. Selesai sekolah bisa langsung bekerja, tidak perlu di training lagi, selesai sekolah bisa langsung jadi wirausahawan,” tambahnya.

Sementara itu, Dirjen Kemendikbud Ristek Wikan Sakarinto menyampaikan akan mendorong sekolah SMK menuju pembelajaran berbasis industri.

“Kami menunggu ‘teaching factory’ yang lebih ‘link and match’. Bagaimana menggerakkan ekosistem kreatif sehingga bisa menghasilkan produk unggulan bangsa,” jelasnya.