"Ngumbara Lembur", Konsep Pengembangan Desa Wisata di Garut

Garut - Bupati Garut Rudy Gunawan meresmikan Desa Wisata Intan Dewata yang berlokasi di Desa Mekarjaya, Kecamatan Tarogong Kaler.

Bersamaan dengan peresmian desa wisata tersebut, juga diluncurkan "Ngumbara Lembur", sebuah konsep yang digagas oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum Wawan Nurdin dalam rangka proyek perubahan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II angkatan XI Tahun 2021.

Ngumbara Lembur merupakan sebuah strategi kolaborasi pengembangan desa wisata dengan pendekatan pentahelix dalam percepatan peningkatan ekonomi daerah melalui implementasi pengelolaan potensi wisata pada desa rintisan menuju “Desa Wisata Tangguh”.

Sebagai Leader Project Ngumbara Lembur, Wawan Nurdin mengungkapkan, programnya ini adalah untuk mengembangkan desa wisata dengan pendekatan pentahelix dalam rangka meningkatkan ekonomi daerah Kabupaten Garut.

Ia mengungkapkan dalam program Ngumbara Lembur ini, desa-desa dibantu oleh unsur Pemerintahan, Akademisi, Pengusaha, Media dan juga unsur yang lainnya.

"Jadi program Ngumbara Lembur ini desa-desa ini dibantu oleh pentahelix, ada dari pemerintahan, dari pemerintahan itu kan dari SKPD kalau ada jalan infrastuktur aksebilitas dari pemerintahan, ada dari akademisi juga ini untuk membantu masyarakat dalam mencerdaskan ataupun menyadarkan tentang pariwisata, terus ada pengusaha, pengusaha ini yang mungkin akan bisa membantu desa dalam membangun pengembangan desa wisata," ujar Wawan.

Saat ini, jelas Wawan, terdapst 5 desa di Kecamatan Tarogong Kaler yang menjadi pilot project program Ngumbara Lembur yakni Desa Mekarjaya, Desa Jati, Desa Pasawahan, Desa Rancabango, dan Desa Sukajadi.

Di hari peresmian Desa Wisata Intan Dewata masing-masing desa itu sudah mendapatkan masterplan untuk pengemban desa wisata di desa masing-masing yang diberikan secara langsung oleh Bupati Garut Rudy Gunawan.

Wawan berharap dengan program Ngumbara Lembur ini pengelola desa wisata mampu ikut serta dalam mensejahterakan masyarakat, dan juga mampu meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) itu sendiri.

"Harapannya dengan adanya launching Ngumbara lembur ini nanti desa-desa di Kabupaten Garut atau pengelola desa wisata ini menyejahterakan masyarakat jadi dengan ada pengembangan desa wisata jadi ada pekerjaan-pekerjaan dan untuk desanya sendiri ada peningkatan PAD desa," tandasnya.