Rayakan Panen, Warga Desa Tegalsari Batang Lomba Balap Motor Gabah

Batang - Kegiatan unik yang dilakukan komunitas ojek gabah Desa Tegalsari, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, setelah panen raya padi. Mereka melakukan lomba balap dengan sepeda motor yang biasa digunakan untuk mengangkut gabah.

Kebanyakan motor yang dipakai adalah motor bebek yang telah dimodifikasi ala motocross. Sirkuit lomba  menggunakan area persawahan usai dipanen di Dukuh Pungangan, Desa Tegalsari, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang.

Lomba yang diikuti oleh 30 pembalap ojek gabah ini memperebutkan hadiah sepatu boots dan ban trail sepeda motor.

Ketua Panitia Komunitas Ojek Gabah Rokhim, Minggu (12/9), mengatakan kegiatan ini merupakan wujud kegembiaraan petani dan buruh petani usai melaksanakan panen raya padi di tanah pusaka desa.

Dijelaskannya, kegiatan ini sebagai wujud rasa syukur warga desa dan luapan kegembiraan warga dengan menggelar lomba ketangkasan dan kelincahan mengendarai sepeda motor dengan membawa karung gabah di medan lumpur persawahan.

Sementara itu, Kepala Desa Tegalsari Daryono menyampaikan, kegiatan ini menjadi kreativitas komunitas ojek gabah di Desa Tegalsari, Kecamatan Kandeman. Dirinya berjanji akan menjadikan kegiatan balap motor gabah sebagai agenda tahunan wisata desa," ujarnya.

“Selain hiburan dan olahraga, balap motor gabah ini akan menjadi ikon wisata desa dengan peserta dari para ojek gabah,” pungkasnya.