Diskominfo Batang Berdayakan Penyandang Difabel Mahir IT

Batang - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batang mengunjungi Ardi Himawan (27), seorang difabel warga Desa Limpung, Kecamatan Limpung yang mempunyai kemampuan menciptakan tampilan program aplikasi yang pelanggannya hingga luar negeri.

“Kunjungan ini tindak lanjut permintaan Bupati Batang Wihaji untuk membantu atau mendukung yang dibutuhkan sesuai kemampuannya. Saya sudah mengirimkan staf yang berkompeten mengenai pemprograman untuk mengetahui kemampuan apa saja yang diketahui dalam hal information technology (IT),” kata Kepala Diskominfo Triossy Juniarto, saat ditemui di kantornya, Selasa (14/9).

Dijelaskannya, peninjauan ini membahas tentang potensi yang dimiliki oleh Ardi bisa diterapkan, tujuannya kedepan dapat berkolaborasi dengan Ardi terkait pada streaming Radio Abirawa FM melalui aplikasi Android.

Tentang fasilitas, lanjut dia, yang Ardi punya di rumah tentang jaringan koneksi internet sering digunakan berapa abonemen yang dipakai. Ia memilih paket internet dengan biaya Rp300.000 per bulan. Kita minta pada pihak Telkom yang bekerja sama dengan Diskominfo untuk mengganti paket internetnya ke promo agar lebih murahm

“Untuk masalah spesifikasi komputer Ardi yang digunakan memang masih kurang standar untuk pemprograman, tetapi kedepan akan didiskusikan terlebih dahulu anggaran yang ada di Diskominfo Kabupaten Batang bisa atau tidak. Sekarang kita fokus untuk project kecil yang kita berikan untuk dia terlebih dahulu,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Diskominfo Andari Rooska Yusefina menambahkan, kita sudah melakukan diskusi dengan Ardi untuk melihat potensi yang dimiliki. Akhirnya dirinya menyetujui dan antusias sekali jika diberikan project kecil dari Diskominfo Kabupaten Batang.

“Diskominfo Kabupaten Batang akan memberikan pendampingan, karena dilihat kemampuannya perlu dikembangkan lagi, agar berkembang lebih dalam tentang pemprograman aplikasi khususnya gawai. Nantinya aplikasi dimasukkan ke dalam Google Play Store untuk dikomersilkan,” tegasnya.

Harapannya kedepan setelah Ardi mendapatkan pendampingan dari Diskominfo Kabupaten Batang. Ia berencana membuatkan event tentang pemprograman dengan narasumber Ardi untuk memotivasi semangat generasi muda tentang pemprograman agar memunculkan potensi-potensi ahli IT di Kabupaten Batang.

Sementara itu, Ardi Himawan mengatakan, dirinya sangat senang dan antusias sekali diajak kolaborasi dengan Diskominfo Kabupaten Batang. Karena terus terang dirinya ingin menambah pengetahuan tentang pemprograman dari Diskominfo Kabupaten Batang.

“Dalam kunjungan Diskominfo Kabupaten Batang kesini akhirnya mereka memberikan project kecil untuk membuatkan streaming Radio Abirawa FM yang dapat dinikmati melalui Android,” ujarnya.