Giatkan Literasi Digital, Pemkot Pekalongan Luncurkan Internet Gratis "Jalan Cerdas"

Kota Pekalongan – Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kota Pekalongan kembali melakukan inovasi. Kali ini, bekerjasama Dinas Kominfo serta Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (PD IPI) meresmikan Jaringan Layanan Internet Gratis di Perpusmas Cerdas (Jalan Cerdas), Selasa (14/9).

Peresmian dilakukan oleh Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid didampingi oleh Bunda Literasi Inggit Soraya Kepala Dinkominfo dan Kabid Perpustakaan di Perpustakaan Pelita II.

Dalam kegiatan tersebut, juga dikemas Talkshow dengan tema “Eksistensi Perpustakaan di Era Literasi Digital", yang diikuti secara daring melalui zoom meeting dan kanal Youtube Dinarpus.

Walikota Pekalongan yang akrab di sapa Aaf mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Dinarpus. Menurutnya, di masa pandemi, pengguna internet pada sektor digital meningkatkan. Peluang ini yang dimanfaatkan oleh Dinarpus untuk meningkatkan kegemaran membaca di kalangan pelajar dan masyarakat.

“Perkembangan digital ini luar biasa. Sehingga, butuh komitmen bersama untuk menyatukan persepsi. Bagaimana agar eksistensi perpustakaan tetap banyak diminati. Seperti, layanan mobile perpustakaan, launching perpustakaan pelita II, upaya inilah yang dilakukan untuk meningkatkan peran perpustakaan,” ungkap Aaf, sapaan akrabnya.

Ditambahkan Bunda Literasi, dengan berkembangnya literasi digital, keluarga memiliki peran tidak hanya memberikan fasilitas perangkat tekhnologi informasi. Namun, peran edukasi dan pengawasan terhadap anak harus dilakukan untuk memfilter berbagai informasi yang diterima secara digital.

“Dengan pendampingan orang tua, mudah-mudahan dapat meminimalkan efek negatif dari penggunaan media digital,” katanya.

Inggit berpesan, masyarakat dapat betul-betul memanfaatkan dan mampu beradaptasi dengan perubahan digital agar kualitas dari masyarakat bisa lebih maju.

“Harapannya, dapat dimanfaatkan dengan baik dan bijak oleh masyarakat. Di era yang serba digital ini, membaca buku tidak lagi harus datang secara langsung ke perpustakaan. Melainkan dapat secara online,” tutur Inggit.

Internet gratis "Jalan Cerdas" merupakan layanan internet gratis di perpustakaan II yang diperuntukkan bagi masyarakat khususnya wilayah Kuripan Kertoharjo tanpa harus datang ke Perpustakaan Pelita II. Layanan ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi dan bahan bacaan secara digital maupun pada saat pembelajaran secara daring.