Diskominfo Demak Ikuti Webinar Workshop Kehumasan

Demak - Dinas Komunikasi dan informatika Kabupaten Demak mengikuti Webinar Workshop Kehumasan secara virtual dengan tema "Humas dan Branding".

Acara workshop kehumasan yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo Jateng Riena Retnaningrum, Kamis (16/9).

Kegiatan yang diikuti oleh Dinas Kominfo se-Jawa Tengah dan OPD Pemprov jateng menghadirkan tiga narasumber, yakni Ketua Komisi A DPRD Provinsi Jateng Muhammad Saleh, Anggota Komisi A Saeful Hadi, dan dokter Galih Wibowo.

Dalam materinya, Muhammad Saleh memaparkan tantangan humas masa kini adalah dapat menangkal hoaks terkait pandemi, mampu menstimulus masyarakat untuk patuh dan menjalankan vaksinasi. Kemudian humas diharapkan mampu meminimalisir kesalahan informasi seperti mis informasi, disinformasi yang mungkin terjadi.

Selanjutnya, tambah dia, memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap hal yang baru, kebiasaan baru seperti protokol kesehatan di tengah pandemi.

Sementara itu, Saeful Hadi menyampaikan paparan bertemakan peran humas pada instansi pemerintah. Sebelum memasuki sesi dialog dan diskusi dokter Galih Wibowo menyampaikan konsep branding pemerintah.

"Konsep branding pemerintah bisa terdiri dari jargon, kewilayahan/city branding, nomenplatur, program kerja/bentuk kegiatan, leadership/etos/perilaku/budaya kerja," papar Galih Wibowo.

Selanjutnya, tutupnya, untuk tugas humas dalam government branding di antaranya membidik potensi branding dari kebijakan pemerintah, dapat men-design branding berdasarkan sasaran dan media (kreatif), cepat tanggap terhadap feedback branding (responsif) dan perlu pengembangan kisi-kisi branding atau inovatif.