Curah Hujan Meningkat, BPBD Batang Siapkan Langkah Antisipasi Banjir

Batang -  Pemerintah Kabupaten Batang mengupayakan langkah-langkah untuk mengantisipasi banjir melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Hal ini menyusul curah hujan yang semakin meningkat dalam beberapa hari terakhir,

“Untuk mengantisipasi banjir di Kabupaten Batang kita sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Batang untuk bersinergi bersama antisipasi banjir,” kata Kepala BPBD Kabupaten Batang Ulul Azmi saat ditemui di kantornya, Kamis (16/9).

Ia mengatakan, kegiatan DPUPR sendiri ada normalisasi eks Sungai Sambong panjangnya 800 meter yang tentu akan berdampak pada aliran sungai yang semakin lancar.

Lebih lanjut, Ulul menjelaskan, terkait sampah, DLH Kabupaten Batang memiliki pasukan got yang dibentuk untuk membersihkan saluran-saluran air dari penyumbatan sampahm itu juga berdampak sangat besar untuk air dari pemukiman menuju ke sungai besar.

Untuk BPBD, jelasnya, pihaknya sudah menyiapkan personel yang selalu standby beserta peralatan tanggap bencana.

“Kota Batang perkiraan ada 12 desa/kelurahan titik yang langganan banjir diantaranya, Kalipucang Wetan, Kalipucang Kulon, Karanganyar, Denasri Wetan, Denasri Kulon, Watesalit, Klidang Wetan, Klidang Lor, Proyonanggan Tengah, Karangasem Utara, Kalisalak, dan Kauman,” terangnya.

Diharapkan, untuk masyarakat memasuki musim penghujan jangan membuang sampah di sungai maupun saluran air yang merupakan jalan surutnya air dan persiapkan tas bencana yang berisi peralatan dan kebutuhan pada waktu bencana.