Plh Bupati OKU Minta DMI Tetap Bekerja Optimal di Tengah Pandemi

OKU - Plh Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Edward Candra berharap Dewan Masjid Indonesia (DMI) setempat tetap bekerja optimal di tengah keterbatasan akibat pandemi COVID-19 saat ini

Hal itu dikatakan Edward Candra, saat embuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten OKU Masa Bhakti 2019-2024 di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Kamis (16/9).

"Bagaimana di tengah keterbatasan ini kita masih tetap bisa melakukan kegiatan-kegiatan rutinitas dengan baik menyangkut bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan," ujarnya.

Meskipun demikian, ujarnya, aktivitas dan fungsi dari dewan masjid sesungguhnya masih tetap berjalan selama ini. Hal ini terbukti dengan adanya program-program yang terkait kebijakan pemerintah dalam kegiatan ibadah yang dapat disampaikan kepada jemaah secara efektif melalui DMI.

Sementara itu, Ketua DMI Kabupaten OKU Ibnu Sodik menyampaikan bahwa Rakerda ini merupakan satu amanat dari organisasi berdasarkan AD/ART dalam rangka untuk menyatukan visi dan misi dari seluruh jajaran, mengadakan koordinasi dan konsolidasi organisasi untuk menggerakkan organisasi ke depan.

Dilaporkannya juga, selama ini DMI melaksanakan kegiatan bekerjasama dengan pemerintah daerah yaitu memberdayakan masjid.

"Di antara yang sudah dilakukan DMI adalah pelatihan imam dan khatib yang telah mengeluarkan 350 sertifikat, membina marbot, dan pelatihan pengurus masjid," ujarnya.

Rakerda ini diharapkan juga dapat menghasilkan program prioritas, sesuai tema yaitu "Mewujudkan Masjid OKU Bersatu dan Berbagi".

Turut hadir, ketua DPRD, kapolres, Forkopimda, Kantor Kementerian Agama OKU, OPD terkait dan undangan lainnya.