Pemkot Tomohon: Kesetaraan Gender Strategi Berdayakan Masyarakat

Tomohon - Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakot Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut), Toar Pandeiroth mengatakan kesetaraan gender menjadi strategi untuk memberdayakan masyarakat.

"Pada dasarnya gender merupakan persoalan pokok suatu tujuan pembangunan, sehingga kesetaraan gender akan memperkuat kemampuan negara untuk berkembang, mengurangi kemiskinan dan mengakhiri kesenjangan ekonomi," Asisten Toar di Tomohon, Kamis (16/9).

Sehingga, menurut dia, mempromosikan kesetaraan gender adalah bagian utama dari strategi pembangunan dalam rangka untuk memberdayakan masyarakat guna mengentaskan diri dari kemiskinan dan upaya peningkatan taraf hidup masyarakat secara kompleks.

Dia berharap di waktu mendatang muncul sinkronisasi dalam setiap program dan kegiatan yang ada di perangkat daerah dengan melihat dan merespon kesetaraan gender sesuai dengan kebutuhan.

"Ke depannya dipastikan seluruh masyarakat, baik laki-laki dan perempuan akan terlibat dalam proses pembangunan guna terwujudnya keadilan dan kesetaraan gender," ujarnya.

Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah Kota Tomohon, dr John Lumopa mengatakan, promosi kesetaraan gender dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman serta mengevaluasi kembali pengarusutamaan gender dalam penerapannya pada program kegiatan di segala bidang maupun kebijkan-kebijakan yang menunjang pembangunan yang ada di Kota Tomohon.

Kegiatan ini juga bertujuan antara lain untuk memperoleh data dan informasi dari perangkat daerah tentang pelaksanaan pengarusutamaan gender.

Selain itu, memperoleh gambaran atau situasi kondisi yang ada di perangkat daerah baik program maupun kegiatan atau kebijakan yang responsif gender.